Saturday, 13 July 2024
HomePolitikKPU Kota Bogor Buka Rekrutmen Pantarlih untuk Pilkada 2024

KPU Kota Bogor Buka Rekrutmen Pantarlih untuk Pilkada 2024

Bogordaily.net   Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, resmi membuka rekrutmen petugas pemutakhiran data pemilih atau . Tahapan untuk memastikan validitas data pemilih, demi terselenggaranya Pilkada yang jujur, adil, dan transparan.

Ketua , Muhammad Habibi Zaenal Arifin, menjelaskan bahwa perekrutan merupakan salah satu tahapan penting dalam persiapan Pilkada serentak.

akan bertugas melakukan verifikasi dan validasi data pemilih di setiap TPS yang telah ditentukan oleh ,” ujar Habibi kepada awak media, Jum'at 14 Juni 2024.

Habibi mengajak masyarakat yang memenuhi kualifikasi untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi ini dengan menjadi bagian dari tim pemutakhiran data pemilih.

Berdasarkan catatan KPU, terdapat 1.516 TPS di Kota Bogor, termasuk satu TPS di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

“Jumlah sesuai peraturan, jika dalam satu TPS melebihi 400 pemilih, maka jumlah akan menjadi dua. Kami dipastikan akan merekrut sebanyak 2.999 se-Kota Bogor. Mereka akan bertugas dari 24 Juni hingga 24 Juli 2025,” papar Habibi.

resmi membuka rekrutmen petugas pemutakhiran data pemilih atau Pantarlih.(Ibnu/Bogordaily.net)

Pengumuman rekrutmen calon Pantarlih berlangsung dari 13 hingga 17 Juni, sedangkan penerimaan pendaftaran dibuka dari 13 hingga 19 Juni.

Habibi menjelaskan pendaftaran dilakukan di TPS masing-masing wilayah, seperti kelurahan, bukan di KPU langsung.

Selain itu, aplikasi Siakba akan digunakan untuk mendukung proses pendaftaran dan akan dibantu oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Menurutnya, Pantarlih adalah bagian dari penyelenggara, Untuk itu ia menekankan pentingnya netralitas, sehingga mereka tidak boleh terafiliasi dengan partai politik atau bakal pasangan calon manapun.

“Kami akan mengantisipasi sedini mungkin berbagai bentuk kecurangan yang mungkin terjadi pada Pilkada mendatang,” tutup Habibi. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here