Monday, 7 October 2024
HomeNasionalSidang Isbat Awal Zulhijah 1445 H Kapan? Ini Jadwal dan Titik Lokasi...

Sidang Isbat Awal Zulhijah 1445 H Kapan? Ini Jadwal dan Titik Lokasi Pemantauan Hilal

Bogordaily.net– Sidang Isbat Awal Zulhijah 1445 H kapan? Berikut jadwal dan titik lokasi pemantauan hilal.

Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menyelenggarakan sidang isbat pada awal Zulhijjah 1445 H.

Sidang tersebut diawali dengan pemantauan hilal atau rukyatulhilal yang juga dilaksanakan pada hari yang sama yakni 29 Zulkaidah 1445 H.

Pemantauan hilal rencananya dilakukan di 114 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib menyebut semua sistem hisab sepakat bahwa ijtimak menjelang Zulhijah 1445 H jatuh Kamis, 6 Juni 2024. Atau bertepatan 29 Zulkaidah 1445 H sekitar pukul 19:37 WIB.

“Pelaksanaan pemantauan hilal dilakukan di 114 titik lokasi di seluruh Indonesia bekerja sama dengan Pengadilan Agama dan Ormas Islam, serta instansi lain setempat,” ujar Adib dalam keterangannya dilansir dari laman Kemenag.

Adib mengatakan hasil pemantauan hilal nantinya dimusyawarahkan dalam sidang isbat awal Zulhijah 1445 H. Sidang tersebut kata dia merupakan wujud sinergi antara Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam pengambilan keputusan.

Jadwal Sidang Isbat awal Zulhijah 1445 H

Lalu kapan sidang isbat awal Zulhijah 1445 H? Sidang isbat akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag, Thamrin, Jakarta dan dijadwalkan Jumat, 7 Juni 2024 mendatang.

Sejumlah Duta Besar Negara-negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga akan hadir.

Selain itu,  juga akan dihadiri Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Tim Hisab Rukyat, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam serta Pondok Pesantren.

Terdapat 114 lokasi pemantauan hilal awal Zulhijah 1445 H yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Berikut titik lokasi untuk wilayah Provinsi Jawa Barat:

1. Pantai Pasirlasih, Pangandaran
2. Pantai Cipatujah, Tasikmalaya
3. Pantai Pondok Bali Subang
4. Albiruni (UNISBA)
5. Pantai Baro Gebang Cirebon
6. POB Cibeas, Sukabumi
7. Bosscha Lembang, Bandung Barat
8. Tower Observatory BRIN, Garut
9. POB Gunung Putri Sukamanah, Banjar
10. SMK Astha Hannas, Subang
11. Jatigede, Sumedang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here