Thursday, 25 July 2024
HomeKota BogorTradisi Ngumbah Kujang: Merayakan Kejayaan Kota Bogor dengan Warisan Budaya yang Hidup

Tradisi Ngumbah Kujang: Merayakan Kejayaan Kota Bogor dengan Warisan Budaya yang Hidup

Bogordaily.net merupakan sebuah upacara adat yang telah dilakukan setiap tahunnya di Kota Bogor sejak tahun 1990.

Tradisi ini selalu menjadi bagian penting dalam perayaan Hari Jadi Kota Bogor, yang pada tahun ini telah mencapai usia ke-542.

Pada perayaan kali ini, kembali dimandikan dengan rangkaian upacara adat yang khidmat, berlangsung dari tanggal 11 Juni hingga 16 Juni 2024.

Rangkaian acara dimulai pada Selasa, 11 Juni 2024, dengan pengambilan air dari tiga mata air yang akan digunakan untuk memandikan .

Salah satu mata air tersebut terletak di bawah Hotel , sementara dua lainnya adalah Mata Air Cidangiang dan mata air di Kebon Raya Bogor.

Penggabungan ketiga mata air ini dilakukan pada malam hari, kemudian digunakan untuk memandikan keesokan harinya. sendiri merupakan simbol kejayaan dan kebanggaan Kota Bogor.

Upacara Ngumbah Kujang

Upacara Ngumbah Kujang dihadiri oleh berbagai pihak, dimulai dengan sambutan dari ketua panitia, PJ Wali Kota Bogor, dan perwakilan paguyuban daerah.

Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan, termasuk tarian tradisional yang menggambarkan kekayaan budaya Bogor.

Selain upacara adat, tradisi ini juga melibatkan banyak personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran, Ambulans, TNI, POLRI, petugas keamanan setempat, serta para budayawan Kota Bogor. Kehadiran mereka memastikan kelancaran dan keamanan jalannya upacara.

bukan hanya sekadar ritual, melainkan juga merupakan bentuk pelestarian warisan budaya yang kaya akan nilai sejarah dan moral.

Di zaman sekarang, penting bagi kita sebagai penduduk Kota Bogor untuk turut serta dalam melestarikan tradisi yang telah berlangsung bertahun-tahun ini.

Mari kita jaga dan lestarikan yang sudah ada sejak tahun 90-an. Sebagai warga Bogor, kita memiliki tanggung jawab untuk memastikan tradisi ini tetap hidup dan diteruskan ke generasi berikutnya. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Dengan semangat kebersamaan dan cinta terhadap budaya, akan terus menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas Kota Bogor.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here