Friday, 12 July 2024
HomeViralWisuda SMA Gelar MIPA Viral, Selvy Membela Diri 

Wisuda SMA Gelar MIPA Viral, Selvy Membela Diri 

Bogordaily.net – Wisuda SMA dengan gelar MIPA dan jadi perdebatan di jagat maya.

Video ini setelah diunggah oleh Selvy, seorang siswi SMA di Madura menjadi konten TikTok, ia  wisuda SMA bergelar MIPA lengkap menggunakan toga.

Dari unggahan Selvy di TikTok tersebut, warganet pun heboh menyebut siswi di Madura tersebut berlebihan dan menyaingi wisuda perguruan tinggi.

Tampak siswi tersebut mengenakan kebaya merah dengan make up ala wisudawati.

Ia dan teman seangkatannya juga mengenakan toga layaknya wisuda di perguruan tinggi.

Selain itu, Selvy juga mengenakan selempang bertulis nama lengkapnya dan ditambahi tulisan MIPA di bagian belakang layaknya gelar Sarjana.

Netizen juga meminta untuk berhenti menormalisasi wisuda SMA dengan menggunakan toga.

Komentar Netizen Wisuda SMA Gelar MIPA

“contoh dari sekian banyaknya anak SMA fomo yg gamau kalah dengan wisuda kuliahan, minimal s1 dulu dek “selvyy.MIPA” biar bisa bangga sma fotomu yg begitu. dengan gaya yg memakai toga, selempang, bahkan berpose memegang ijazah SMA layaknya ijazah kuliah.

gmn ni @kemendikbudri anak SMA bisa bebas pakai toga? tanpa jalur sempro, penelitian, semhas, sidang? sedangkan kami yg kuliah ketika wisuda sudah tidak berasa spesial lagi karna takut banyak orang yg menganggap bahwa ini hanya trend wisuda anak jaman sekarang tanpa mengenal status kedudukan dunia perkuliahan, SMA, maupun SMP? lalu apa kabar dengan teman teman kami yang tidak sanggup berjuang hingga akhir dan lebih memilih mengakhiri hidupnya sendiri saat mreka sudah memasuki fase sebagai mhs akhir yg sedang berjuang skripsi?

jelas bagi kami ini sangat menyakiti kami yg sedang berjuang mendapatkan gelar sarjana.

“STOP NORMALISASI WISUDA SMA DENGAN MEMAKAI TOGA, “”tulis akun @jelicioss.

Selvy Menjawab Netizen 

Usai mendapat hujatan, Selvy pun buka suara.

Mulanya, ia tak menyangka jika konten TikToknya soal wisuda SMA tersebut menjadi .

Namun, menurut Selvy, pemakaian toga tidak identik hanya untuk sarjana.

Sepengetahuannya, siswa TK hingga SMA juga menggunakannya.

“Saya ingin mengklarifikasi atas postingan saya yang lagi , sebelumnya aku kaget banget ya aku ga nyangka ini bakal jadi problem bagi kalian para netizen tentang lulusan SMA yang pakai toga sama selempang,” ucap Selvy.

“Pertama aku mau klarifikasi tentang toga, setahu saya, toga itu memang dari dulu deh, nggak cuma sarjana yang pakai.

Contoh TK udah pakai toga kalo kelulusan, terus SMP juga pakai toga, terus SMA juga pakai toga setahu aku itu memang dari dulu sih terus yang dimasalahkan apa?” lanjutnya.

Meski seharusnya tak dipermasalahkan, Selvy meminta maaf kepada warganet yang merasa keberatan atau tidak nyaman dengan videonya.

“Tapi kalo temen-temen merasa keberatan atau tidak nyaman, kalian kan bisa skip kan videoku,” tutur Selvy.

Selain toga, mengenal selempang menurutnya tidak hanya dirinya yang menggunakan.

“Terus terkait selempang ada sarjana MIPAnya, selempang menurut saya juga banyak kok yang pake bukan cuma saya aja,” kata Selvy dalam video klarifikasinya.

Menurutnya, tidak ada aturan pasti yang boleh menggunakan selempang hanya sarjana.

“Itu kan nggak ada UUnya tuh, nggak ada aturannya kalo yang boleh pake selempang itu harus sarjana, saya belum pernah menemukan,” lanjutnya lagi.

Dirinya mengakui penggunaan gelar MIPA hanya mengikuti teman-teman lainnya.

“Terkait MIPA, saya mengakui ngikut-ngikut temen saya yang kalo lulus pakai MIPA, kalo MIPA gelar yang sakral di sarjana saya mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” pungkas Selvy.

Arti MIPA Diselendang Wisuda 

MIPA merupakan akronim dari Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, yakni kumpulan mata pelajaran eksakta atau ilmu pasti.

Sebagai informasi MIPA adalah salah satu jurusan yang umum ditawarkan di SMA Negeri.

Jurusan MIPA memiliki fokus pada mata pelajaran seperti Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Singkatan ini dan digunakan sebagai trend di Tiktok karena dijadikan sebagai sebuah gelar bagi siswa yang baru saja lulus SMA.

Awal mula akronim ini dijadikan sebagai gelar, berasal dari unggahan akun TikTok @sylvia yang memposting seremonial kelulusan SMA layaknya wisuda sarjana.

Dalam unggahannya, ia mengenakan kebaya disertai selempang wisuda SMA dengan nama Selfia Devita Sari MIPA.

Demikian informasi dan ulasan mengenai Wisuda SMA Gelar MIPA yang dikenakan Selvy, seorang siswi SMA di Madura.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here