Saturday, 13 July 2024
HomeKota BogorHujan Deras di Bogor: Sungai Ciharascas Meluap, Rumah Warga Tegallega Terendam Banjir

Hujan Deras di Bogor: Sungai Ciharascas Meluap, Rumah Warga Tegallega Terendam Banjir

Bogordaily.net – Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor sejak Senin 1 Juli 2024 sore hingga malam hari menyebabkan Sungai meluap dan mengakibatkan lintasan.

Salah satu yang terdampak parah adalah Jalan Tegallega, RT.02/RW.01, Gang Paraji, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah.

Air sungai yang meluap masuk ke rumah-rumah warga, merendam barang-barang, dan menyebabkan kerusakan pada bangunan.

Salah satu rumah yang mengalami kerusakan serius adalah milik M. Falah. Pondasi rumahnya tergerus oleh arus air yang kuat, membuat bangunan tersebut terancam ambruk.

Situasi ini menambah kekhawatiran warga setempat, mengingat hujan diprediksi masih akan turun dalam beberapa hari ke depan.

Menanggapi kejadian tersebut, Kepala Seksi Kemasyarakatan (Kasikemas) Kelurahan Tegallega, Hendra Gunawan, menyatakan bahwa pihak kelurahan sudah melakukan peninjauan dan berkoordinasi dengan ketua RT setempat.

“Kita sudah tinjau dan tanya Pak RT terkait hal ini. Kita juga sudah mengupayakan penanganan lintasan dengan membuat surat untuk PUPR,” kata Hendra Gunawan kepada Bogordaily.net, Jum'at 5 Juli 2024.

Hendra menjelaskan bahwa, kawasan tersebut sudah mulai padat dengan banyaknya bangunan rumah, yang menyebabkan air sungai meluap dan terjadinya lintasan.

“Kita sudah ke RT dan RW, kita sudah koordinasi terkait warung yang berada di atas sungai. Sekarang tinggal menunggu keputusan dari PUPR karena kita tidak bisa asal bongkar, takutnya nanti malah jadi polemik baru,” tambahnya.

Hendra menekankan pentingnya musyawarah dengan warga agar proses pembangunan dan pengaliran air dapat berjalan lancar.

Ia juga menyebutkan bahwa, pihak Kelurahan telah mengajukan bantuan untuk rumah warga yang terdampak.

“Untuk rumah warga yang terdampak, kita sudah ajukan bantuan. Melalui pihak Kelurahan, kita bersurat ke Dinsos dan Dinsos memberikan bantuan berupa sembako melalui kita. Insya Allah nanti Senin kita berikan ke warga yang terdampak,” ungkapnya.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here