Friday, 4 October 2024
HomeBeritaRamai Isu Gempa Megathrust, Pj Gubernur Jabar: Jangan Asal Bangun Rumah

Ramai Isu Gempa Megathrust, Pj Gubernur Jabar: Jangan Asal Bangun Rumah

Bogordaily.net Hadir dalam pelantikan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat (Jabar), Pj Gubernur Bey Machmudin singgung soal mitigasi bencana, utamanya gempa bumi Megathrust.

Isu soal bencana gempa bumi Megathrust membuat Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin mewanti-wanti warga soal bangun rumah.

Pj Gubernur Jabar meminta warga membangun rumah dengan pondasi yang benar, mengantisipasi adanya gempa bumi Megathrust.

“Saya melihat Kabupaten Bandung waktu gempa kemarin, ada rumah ambruk, ada yang masih berdiri. Nah yang ambruk itu pondasinya dibangun asal,” kata dia.

Sehingga mitigasi bencana yang dianjurkan Bey, untuk warga Jabar, yaitu mulai dari membangun rumah yang benar.

Maksudnya, kata dia, pondasi rumah yang dibangun tanpa asal-asalan.

Sehingga menurut Bey, dengan pembangunan yang benar, tingkat keamanan warga lebih tinggi saat gempa terjadi.

Bey juga meminta AMSI melalui media masing-masing, untuk memberikan edukasi ke masyarakat, soal mitigasi bencana yang dianjurkan pemerintah.

“Sampaikan ke masyarakat, minimal membangun rumah dengan pondasi yang benar, baik, di tengah isu gempa bumi yang meresahkan,” tutup Bey.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut pihaknya terus membicarakan isu ini agar masyarakat bersiap menghadapi efek dari megathrust di Indonesia.

“Sebetulnya isu megathrust itu bukan isu yang baru. Itu isu yang sudah sangat lama. Tapi kenapa BMKG dan beberapa pakar mengingatkan? Tujuannya adalah untuk ‘ayo, tidak hanya ngomong aja, segera mitigasi (tindakan mengurangi dampak bencana),” ujar Dwikorita.

“Jadi tujuannya ke sana; mitigasi dan edukasi, persiapan, kesiapsiagaan,” imbuh dia.

Kegiatan pelantikan pengurus AMSI Jawa Barat 2024-2028 dan JDC 2024 ini disponsori PT Bank Negara Indonesia (BNI), Mandiri Tunas Finance, Pemprov Jabar, BJB, dan BJB Syariah.

Selain itu, kegiatan ini juga turut didukung oleh PDAM Kabupaten Bogor Tirta Kahuripan, Summarecon, Indocement Heidelbergcement Group, Alfamart, Eiger, Bank BRI, dan Ramayana. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here