Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaPresiden Jokowi: BMKG Harus Sampaikan Info Gempa hingga Tsunami Lebih Cepat!

Presiden Jokowi: BMKG Harus Sampaikan Info Gempa hingga Tsunami Lebih Cepat!

Bogordaily.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, Badan , Klimatologi, dan () harus bisa mengoptimalkan perannya mengantisipasi .

Untuk itu, perlu terus mengedukasi masyarakat terkait kewaspadaan terhadap bencana. Ketangguhan warga atas ancaman bencana ini sangat perlu untuk meminimalisir jatuhnya korban.

“Lakukan edukasi yang berkelanjutan kepada masyarakat, terutama masyarakat di wilayah rawan bencana. Kesiagaan dan ketangguhan masyarakat atas ancaman bencana perlu terus ditingkatkan,” kata Jokowi saat membuka Rakorbangnas 2021 secara virtual, dikutip dari Okezone, Kamis (29 Juli 2021).

Presiden menuturkan, budaya kesiagaan harus melembaga dalam keseharian masyarakat. Ia juga ingin bisa memanfaatkan kearifan lokal untuk memperkuat ketahanan terhadap bencana.

“Karena itu saya minta bukan hanya menyampaikan informasi , iklim, gempa dan tsunami yang lebih cepat dan dengan jangkauan yang lebih luas pada masyarakat, tapi bersinergi bersama BNPB mengedukasi masyarakat bagaimana bersiap menghadapi bencana,” tuturnya.

Menurut dia, masyarakat perlu diedukasi untuk mencari dan memanfaatkan informasi yang benar yang disediakan oleh sumber-sumber resmi sehingga tidak mudah terjebak pada kabar dan berita bohong.

Jokowi juga meminta meningkatkan terus kapasitas manajemen penanggulangan dan adaptasi bencana terutama di tingkat daerah. Mulai dari tingkat kelurahan desa hingga provinsi.

“Harus ada desain manajemen yang jelas yang melibatkan pemerintah, swasta dan masyarakat sejak fase prabencana, tanggap darurat dan pascabencana. Manajemen ini juga perlu disimulasi dan dilatih sehingga ketika terjadi bencana kita sudah sangat siap langsung bekerja dengan cepat,” jelasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here