Tuesday, 30 April 2024
HomeNasionalHeboh! Lomba Artikel 'Hormat Bendera Menurut Islam'

Heboh! Lomba Artikel ‘Hormat Bendera Menurut Islam’

BOGORDAILY- PKS mengkritik keras lomba menulis artikel dengan tema ‘ menurut Islam' yang digelar Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) yang diketua Megawati Sukarno Putri dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional. PKS menyebut tema yang diajukan aneh dan tendensius.
“Aneh temanya dan terkesan tendensius. Jadi buka luka lama saat dikatakan musuh Pancasila itu agama. BPIP mestinya menyatukan bukan buat kontroversi,” tegas Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, seperti dilansir detikcom, Sabtu (14/8/2021).

Menurutnya, ada ide tema lain yang lebih visioner. Salah satunya terkait perubahan iklim.

“Ada ide tema lain yang lebih visioner dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional seperti ‘Pandangan Santri dalam bahaya Perubahan Iklim' atau ‘Santri untuk Indonesia bebas korupsi'. Tapi mengubah tema hanya permukaan, paradigma BPIP mestinya menyatukan dan menguatkan peran agama dalam bingkai harmoni. BPIP perlu evaluasi total,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, salut kepada BPIP yang turut memperingati Hari Santri Nasional. Menurutnya, perlombaan itu merupakan penghargaan bagi perjuangan santri.

“Hemat saya, jauhi prasangka buruk, temanya sudah cukup bagus, tidak usah dipelintir ditambah pikiran buruk,” ujar Jazilul.

“Memang temanya kurang milenial dan ngetren namun bukan berarti bermuatan buruk. Kita jadikan Hari Santri menjadi momen membangun solidaritas dan kebersamaan sesama anak bangsa,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, poster terkait informasi lomba ini disampaikan BPIP melalui akun Twitternya, Rabu (11/8). Lomba ini diadakan untuk memperingati hari Santri Nasional.

Ada dua tema yang diusung dalam lomba penulisan artikel ini, yakni ‘ Menurut Hukum Islam' dan ‘Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam'. Lomba ini berhadiah total Rp 50 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here