Saturday, 28 September 2024
HomeBeritaReminder! Mari Lebur Dosa dengan Puasa Arofah

Reminder! Mari Lebur Dosa dengan Puasa Arofah

Bogordaily.net – Ada satu hari istimewa di bulan dzulhijjah yang andai kita berpuasa akan menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Dikutip muslim, bagi orang yang tidak berhaji dianjurkan untuk menunaikan puasa Arofah yaitu pada tanggal 9 Dzulhijah. Hal ini berdasarkan hadits Abu Qotadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Puasa Arofah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.”(HR. Muslim no. 1162, dari Abu Qotadah)

Hadits ini menunjukkan bahwa puasa Arofah lebih utama daripada puasa ‘Asyuro. Di antara alasannya, Puasa Asyuro berasal dari Nabi Musa, sedangkan puasa Arofah berasal dari Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.(Lihat Fathul Bari, 6/286.)

Keutamaan puasa Arofah adalah akan menghapuskan dosa selama dua tahun dan dosa yang dimaksudkan di sini adalah dosa-dosa kecil.

Atau bisa pula yang dimaksudkan di sini adalah diringankannya dosa besar atau ditinggikannya derajat.(Lihat Syarh Muslim, An Nawawi, 4/179, Mawqi’ Al Islam).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here