Tuesday, 7 May 2024
HomeTravellingOMG! Makanan Papeda Ternyata Sudah Ada Sejak Jaman Prasejarah

OMG! Makanan Papeda Ternyata Sudah Ada Sejak Jaman Prasejarah

Bogordaily.net – Makanan khas Papeda ternyata merupakan kuliner yang memiliki sejarah tertua di Indonesia. Bayangkan saja makanan terbuat dari sagu itu ada sejak jaman prasejarah.

Hal itu terungkap berdasarkan temuan gerabah dan alat batu tokok sagu di situs arkeologi di kawasan Danau Sentani, .

Papeda dimasak menggunakan wadah gerabah, tradisi gerabah di mulai dikenal sejak masa prasejarah sekitar 3.000 tahun yang lalu. Pengetahuan penggunaan gerabah dan teknologi pembuatan gerabah diperkenalkan oleh orang berbahasa Austronesia.

Sekitar 3.000 tahun yang lalu budaya gerabah ini diperkenalkan di daerah pesisir utara dan pulau-pulau di lepas pantai .

Seperti diketahui pohon sagu hanya tumbuh di dataran rendah . Budaya papeda di hanya dikenal di daerah pesisir dan pulau-pulau lepas pantai .

Pati sagu menjadi bahan utama pembuatan papeda. Sagu bersama pisang, keladi, kelapa, sukun dan tebu merupakan bahan makanan yang dikonsumsi sejak masa prasejarah di .

Di Papua, hingga saat ini, budaya kuliner papeda hanya dikenal di pesisir utara Papua, pesisir Kepala Burung Papua dan pulau-pulau lepas pantai Papua. Papeda tidak dikenal di wilayah pegunungan Papua dan pesisir selatan Papua.

Papeda merupakan kuliner khas Papua berbahan pati sagu. Terdapat dua jenis papeda yaitu papeda panas dan papeda bungkus.

Kuliner papeda panas sepintas mirip bubur, pembuatannya yaitu pati sagu diberi perasan air jeruk nipis kemudian disiram dengan air mendidih. Papeda panas dinikmati dengan lauk ikan kuah kuning dan sayur tumisan daun pepaya.

Papeda bungkus, papeda ini dibungkus menggunakan daun fotofe atau forofe (sejenis daun pisang-pisangan).

Pembuatan papeda bungkus yaitu papeda panas diambil secukupnya kemudian dibungkus dalam daun fotofe. Selanjutnya didiamkan beberapa saat hingga papeda menjadi dingin, kemudian baru dapat dinikmati.(dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here