Tuesday, 30 April 2024
HomeTravellingWisata Alam Curug Nangka Bogor dan Keindahan 3 Air Terjun

Wisata Alam Curug Nangka Bogor dan Keindahan 3 Air Terjun

Bogordaily.net Bogor bagiand dari wisata alam Bogor yang memiliki keindahan nan menawan. Ada banyak potensi wisata yang terus dikembangkan menjadi destinasi menarik untuk melepas penat.

Menukil dari suara.com, salah satu destinasi itu ada di . Bogor terletak di lereng Gunung Salak, ketinggian 750 meter di atas permukaan laut.

Tepatnya ada di , , . Komplek curug ini begitu mempesona karena memiliki tiga air terjun, yakni , Curug Kaung dan Curug Daun.

Tiga air terjun ini sejatinya merupakan rangkaian aliran air yang dimulai dari Curug Kaung di lokasi teratas. Curug Kaung ini memiliki ketinggian sekitar 17 meter.

Aliran air kemudian menyambung ke Curug Daun atau juga disebut curug mini karena tingginya hanya dua meter. Lalu curug paling bawah ada yang tingginya hampir sama dengan Curug Kaung.

Curug ini begitu mempesona karena keindahan alam hijau serta aliran air yang jernih. Pada bagian bawah dari air terjun ada cekungan air yang biasa digunakan para pengunjung untuk bermain air.

Dengan pemandangan yang indah, tangan pasti tak terkendali untuk berselfie atau berfoto bersama keluarga di . Ada banyak spot foto menarik untuk diposting di media sosial.

Segala aktivitas itu bisa dilakukan tanpa kepanasan. Lokasi ini cukup sejuk untuk digunakan berjalan-jalan. Rata-rata suhu di Curug Nangka berkisar 20-23 derajat celcius.

Harga tiket yang dipatok cukup terjangkau, yakni Rp22.500, yang terbagi dua loket. Loket pertama harga tiketnya Rp7500. Sementara loket kedua harga tiketnya Rp15 ribu

Musim kemarau menjadi salah satu waktu rekomendasi. Jika saat musim penghujan tiba, bisa dipastikan Curug Nangka akan sering diguyur hujan, mulai ringan hingga deras.

Flora dan Fauna

Pesona Curug Nangka tak sekadar pemandangan indah serta air terjun saja. Di lokasi ini terdapat flora dan fauna yang beragam. Dari gerbang masuk menuju area perkemahan terdapat pohon-pohon Pinus yang menjulang tinggi. Lalu pada bagian atas di sekitar air terjun, terdapat vegetasi hutan alam tropis.

Pengunjung juga bisa melihat beberapa satwa, seperti Surili, Monyet Ekor Panjang, Owa Jawa serta Lutung. Berbagai burung dengan suara yang indah menambah pesona dari Curug Nangka.

Akses Lokasi dan Fasilitas
Curug Nangka yang berada di bisa ditempuh dari kota Bogor dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit. Di sepanjang jalan, calon pengunjung juga tak perlu bingung karena ada banyak papan penunjuk jalan arah Curug Nangka.

Sesampainya di lokasi, akses untuk kendaraan roda dua maupun empat sudah tersedia dengan baik.

Fasilitas yang tersedia di Cugur Nangka turut memanjakan para pengunjung. Selain keberadaan cekungan air di bawah air terjun, pengelola juga menyediakan beberapa kolam untuk bermain air.

Jika ingin menghabiskan malam di Curug Nangka, terdapat area perkemahan yang jaraknya tak terlalu jauh dari Curug Nangka. Penginapan pun tersedia di dekat pintu masuk Curug Nangka.

Paling penting, ketika berwisata, oleh-oleh menjadi syarat agar terus ingat dengan Curug Nangka. Terdapat para penjaja souvenir khas Curug Nangka yang dijual dengan harga terjangkau.

Wisata Dekat Curug Nangka

Bila ingin sekali jalan, tapi bisa mendapatkan beragam spot menarik, Curug Nangka merupakan pilihannya. Wisata alam Bogor yang ada di lereng Gunung Salak ini “bertetangga” dengan deretan spot-spot menarik.

Wisata alam itu terdiri dari Curug Cipeteuy, Curug Ciputri, Danau Quary di Cigudeg, kawasan Gunung Buner hingga pemandian air panas di Gunung Malang.

Ada pula Pura Parahyangan Agung Taman Sari yang berjarak sekitar satu kilometer dari Curug Nangka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here