Tuesday, 30 April 2024
HomeKota BogorBima Arya Ungkapkan Rasa Bangga Jadi Tuan Rumah Kongres Ke-V JKPI

Bima Arya Ungkapkan Rasa Bangga Jadi Tuan Rumah Kongres Ke-V JKPI

Bogordaily.net – Wali Kota Bogor Bima Arya resmi membuka pameran dan Welcoming Dinner di pada Kamis 2 Desember 2021 malam. Acara itu yang merupakan rangkaian acara Kongres ke-V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) tahun 2021 di Kota Bogor.

Dalam kesempatan itu, Bima Arya mengatakan pelaksanaan Kongres ke-V merupakan sejarah, kebanggaan, dan kehormatan luar biasa bagi Kota Bogor.

“Mohon maaf jika ada penyambutan yang kurang berkenan dan Insya Allah besok kongres. Sesuai informasi yang disampaikan panitia para peserta akan mengenakan pakaian kebesaran adat daerah masing-masing,” kata Bima Arya saat menyampaikan ucapan selamat datang.

Dalam kesempatan itu Bima tak hadir sendirian. Ia didampingi oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah, perwakilan DPRD Kota Bogor, Danrem 061 Suryakencana, Brigjen TNI Achmad Fauzi, serta 27 kepala daerah atau yang mewakili.

Turut hadir Ketua Presidium Tahun 2021 Alfedri, Direktur Eksekutif pusat Asfarinal Nanang didampingi Dewan Pakar Gaura Mancacarita dan Taufik Rahzen.

Bima pun meminta kepada kepala daerah atau perwakilan peserta kongres untuk tidak sungkan menyampaikan keperluannya kepada liaison officer yang telah dipersiapkan.

Sementara itu, Ketua Presidium Tahun 2021 yang merupakan Bupati Siak, Alfedri  mengatakan, suatu kebahagiaan tersendiri bagi seluruh anggota dalam menjaga kemajuan kebudayaan kota pusaka di Indonesia.

“Atas nama anggota dan pengurus kami mengucapkan terima kasih atas persiapan yang dilakukan cukup luar biasa,” ujarnya.

Dalam acara ini, selain pameran produk unggulan dari masing-masing daerah, juga ditampilkan pagelaran budaya sebagai promosi budaya daerah masing-masing yang merupakan bagian dari budaya nasional bangsa.

Menurutnya, jika dilihat dari konteks kebudayaan dan kearifan lokal yang melahirkan ide-ide kreatif diharapkan bisa memajukan tidak hanya ekonomi, tetapi juga dilihat dari sisi budaya, sehingga nantinya kemajuan ekonomi kreatif sejalan kemajuan budaya dan perkembangannya.

“Budaya daerah kita yang luar biasa kaya yang memberikan inspirasi bagi industri ekonomi kreatif dan dengan kemajuannya akan memajukan ekonomi masing-masing daerah,” sebutnya.

Alfedri mengatakan, Kongres ke-V di Kota Bogor akan dihadiri 38 perwakilan daerah dari 50 daerah peserta JKPI. Sementara, untuk Rapat Kerja Nasional (Rakernas) JKPI akan dilaksanakan di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Usai sambutan, Bima Arya bersama Alfedri dan Asfarinal Nanang serta para kepala daerah yang hadir meninjau stand-stand pameran produk unggulan daerah peserta JKPI, antara lain Kabupaten Muna, Kabupaten Siak, Kota Palembang, Kota Malang, Kota Banjarmasin, Kota Pekalongan, Banda Aceh, Kota Langsa, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Jepara

Selain itu  disuguhkan hiburan musik dan tarian budaya yang diawali dari Kota Bogor, selanjutnya Kota Belitung Timur yang menyuguhkan lagu khas daerah Belitung Timur dan daerah lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here