Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaSepak Terjang Mayjen Agus Subiyanto, Mantan Danrem Suryakencana yang Jadi Wakasad

Sepak Terjang Mayjen Agus Subiyanto, Mantan Danrem Suryakencana yang Jadi Wakasad

Bogordaily.net–Selain menunjuk Mayjen Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga menetapkan sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (). Jenderal bintang tiga ini akan mendampingi KSAD Dudung Abdurrachman.

Bagaimana perjalanan karier mantan Komandan Korem 061/Suryakancana ini? Dikutip laman Wikipedia, Agus lahir 5 pada Agustus 1967. Ia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1991. Jabatan terakhir Agus adalah Pangdam III/Siliwangi, Jawa Barat.

Sebelum menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi, Agus merupakan Komandan Korem 061/Suryakancana pada 2020 dan berkantor di Jalan Merdeka, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Korem 061/Suryakancana membawahi wilayah Kodim Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Pelabuhan Ratu.

Agus juga pernah menjadi Komandan sejak 2020 hingga 2021 dalam periode Presiden Joko Widodo. Jabatan tersebut menggantikan Mayjen Maruli Simanjuntak yang saat itu dimutasi menjadi Pangdam IX/Udayana.

Jenderal yang berpengalaman di Kopassus ini kemudian diangkat menjadi Pangdam III/Siliwangi menggantikan Mayjen TNI Nugroho Budi Wiriyanto.

Selain itu sebelumnya, sederet jabatan lain pernah diembannya di antaranya Komandan Batalyon 22 Grup 2 Kopassus, Kepala Penerangan Kopassus, Komandan Kodim 0735/Surakarta, Wakil Asisten Operasi Divisi 2/Kostrad, Asisten Operasi Kasdam I/Bukit Barisan, Dosen Madya Seskoad, Pamen Denma Mabesad, serta Komandan Rindam II/Sriwijaya.

Tak hanya itu pada 2017—2018 Agus pernah menduduki jabatan Komandan Korem 132/Tadulako lalu Pamen Denma Mabes TNI hingga 2019. Kariernya berlanjut dengan menjabat Wadanpussenif Kodiklatad hingga Pangdam III/Siliwangi.

Seperti diberitakan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa telah menandatangani Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Dari 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 Di antaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI yang diamanatkan dalam Perpres no. 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

“Seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Prantara Santosa dalam keterangannya, Sabtu, 22 Januari 2022.

Sedangkan, untuk 10 Jabatan Perwira Tinggi bintang tiga dalam Keputusan Panglima TNI tersebut adalah Pangkogabwilhan 3 yang dijabat Mayjen TNI Nyoman Cantiasa, Danjen Akademi TNI dijabat oleh Letjen TNI Bakti Agus Fajari dan dijabat oleh Mayjen TNI Agus Subiyanto.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here