Wednesday, 23 October 2024
HomeBerita1 Ramadan 1443 H di Arab Saudi Jatuh pada Sabtu, 2 April

1 Ramadan 1443 H di Arab Saudi Jatuh pada Sabtu, 2 April

Bogordaily.net– Awal atau 1 Ramadan 1443 H Arab Saudi jatuh pada hari Sabtu 2 April 2022. Selain Arab Saudi, beberapa negara kawasan teluk Arab pun menetapkan hal yang sama.

“Sabtu, akan menjadi hari pertama bulan Ramadan yang diberkati,” tulis keterangan Kerajaan yang disebarkan oleh kantor berita SPA, seperti dilansir Detik.com dari AFP, Jumat, 1 April 2022.

AFP melaporkan, banyak negara mayoritas muslim mengikuti tanggal yang ditetapkan oleh otoritas agama Arab Saudi. Namun, beberapa tahun terakhir mulai banyak yang menggunakan perhitungan astronomi mereka sendiri.

Empat negara Arab lainnya di teluk, Bahrain, Kuwait, Qatar dan UEA, juga telah mengumumkan awal Ramadan pada Sabtu. Sementara Oman mengatakan akan memulai Ramadan pada lusa.

Di Indonesia, seperti diketahui pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada 3 April 2022.  Keputusan tersebut disampaikan setelah sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) secara langsung di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 1 Maret 2022.

“Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk akan tetapi belum memenuhi kriteria MABIMS baru yaitu tinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat serta laporan rukyatul hilal, secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada hari Ahad 3 April 2022,” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam jumpa pers.

Sidang isbat digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriah.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga telah memutuskan 1 Ramadan 1443 H jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Penentuan awal Ramadan ini setelah tim rukyatul hilal yang berada di bawah koordinasi Lembaga Falakiyah PBNU, tidak berhasil melihat hilal.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here