Tuesday, 18 June 2024
HomeNasionalBacaan Doa Lengkap Niat dan Berbuka Puasa Dzulhijjah 2022

Bacaan Doa Lengkap Niat dan Berbuka Puasa Dzulhijjah 2022

Bogordaily.net – Bacaan doa lengkap niat dan berbuka puasa Dzulhijjah 2022. Bagi umat muslim memiliki keistimewaannya sendiri.

Puasa sunnah Dzulhijjah dilakukan tanggal 1-7 bulan Dzulhijjah, sedangkan tanggal 8 umat Islam akan melaksanakan puasa Tarwiyah.

Kemudian, tanggal 9 umat Islam akan melangsungkan puasa Arafah serta tanggal 10 Dzulhijjah umat islam melangsungkan Lebaran Haji atau Idul Adha. Setelah seharian menjalani 2022, jangan lupa untuk membaca doa 2022 berikut.

Keutamaan

Sebelum mengetahui bacaan doa buka 2022, simak dulu keutamaan . Keutamaan puasa di bulan Dzulhijjah ini sesuai sabda Rasulullah SAW, yang tertuang di dalam tertuang pada hadis Ibnu ‘Abbas:

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah)”.

Amalan puasa di bulan Dzulhijjah dilaksanakan oleh Rasulullah SAW. Dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi Muhammad SAW menyampaikan:

“Rasulullah SAW biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijjah, pada hari Asyura (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya”.

Niat Puasa

Berikut ini adalah bacaan niat , Tarwiyah, dan Arafah yang perlu diketahui:

– Niat : “Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala”. Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala”

– Niat puasa Tarwiyah: “Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala”. Artinya: “Saya niat Puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala”.

– Niat Puasa Arafah: “Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala”. Artinya: “Saya niat Puasa Arafah, sunnah karena Allah ta'ala”.

Doa Buka 2022

Selain mengetahui bacaan niat, kita juga harus tahu bacaan doa buka 2022.

Latin: “Allaahummalakasumtu wabika amantu wa'aa rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarra himiin”.

Artinya: “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here