Tuesday, 30 April 2024
HomeBerita5 Manfaat Mandi di Pagi Hari, Tingkatkan Produktivitas 

5 Manfaat Mandi di Pagi Hari, Tingkatkan Produktivitas 

Bogordaily.net – Kadang setelah bangun tidur, masih ada yang melewatkan pagi karena terburu-buru atau tidak sempat. Padahal jika diketahui, ada banyak manfaat di pagi hari yang bisa kamu peroleh.

Dilansir dari alodokter, hellosehat, dan halodoc, berikut 7 manfaat di pagi hari.

1. Dapat meningkatkan produktivitas dan meningkatkan suasana hati

pagi dengan air dingin dapat meningkatkan detak jantung, memompa aliran darah ke seluruh tubuh, dan meningkatkan ritme pernapasan. Dengan air dingin, kamu tubuh kamu akan melepaskan hormon endorfin. Hal-hal tersebut akan meningkat semangatmu, dan kamu jadi akan punya suasana hati yang bagus. Tentu saja hal itu akan membuat produktivitas kamu meningkat.

2. Meredakan gejala stres dan depresi

Dalam sebuah penelitian, menggunakan air dingin selama 5 menit setiap 2-3 kali dalam seminggu dipercaya dapat meringkas gejala stres atau depresi. Seperti yang sudah diketahui, pelepasan hormon endorfin akibat air dingin juga akan membuat stres dan depresi mereda.

3. Mengatasi susah bangun tidur

Mengantuk di pagi hari hanya akan membuat aktivitas kamu terganggu. Biasanya, ketika mengantuk kamu lebih memilih menarik kembali selimut alih-alih bangkit.

Untuk mengatasi susah bangun tidur, kamu bisa mencoba mandir pagi dengan air dingin. Jika terkena air dingin tubuh akan merespons dengan meningkatkan denyut jantung dan asupan oksigen ke dalam tubuh.

4. Meringankan nyeri otot dan rasa sakit

Menurut studi di North American Journal of Medicine Science, air dingin dapat memberikan efek yang serupa dengan obat bius lokal untuk meringankan rasa sakit. air dingin memiliki manfaat yang mirip dengan hidroterapi atau terapi dengan air.

5. Melawan berbagai penyakit

Manfaat pagi hari dengan air dingin adalah merangsang produksi sel darah putih atau leukosit yang berperan untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Jadi, dapat membantu melawan pilek atau flu.***

 

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here