Tuesday, 30 April 2024
HomeNasionalViral Video Pelecehan, PT KAI Laporkan Pelaku Pelecehan Petugas di Stasiun Paledang...

Viral Video Pelecehan, PT KAI Laporkan Pelaku Pelecehan Petugas di Stasiun Paledang Bogor

Bogordaily.net – PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mengecam tindakan pelecehan petugas di Bogor dari calon penumpang KA Lokal yang tidak berkenan memenuhi persyaratan perjalanan KA.

Atas terjadinya kasus pelecehan petugas di itu, Kahumas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, atas kejadian tersebut, Daop 1 Jakarta akan menindak tegas oknum yang dianggap telah melakukan perbuatan tidak menyenangkan pada  petugas yang sedang menjalankan pekerjaannya sesuai aturan.

“Saat ini proses laporan sedang disampaikan ke Polresta Bogor,” ucap Kahumas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Senin 22 Agustus 2022.

Eva menyampaikan, sesuai ketentuan seluruh pengguna jasa KA wajib memenuhi persyaratan yang berlaku sesuai ketetapan Surat edaran terbaru dari Kemenhub No.80 tahun 2022 dimana untuk perjalanan KA Lokal dan Aglomerasi terdapat aturan diantaranya, vaksin minimal dosis pertama tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR.

Kalau belum divaksin, masih kata Eva, dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

“Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dapat melakukan pembatalan tiket,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi untuk vakidasi data vaksin dan hasil tes Covid-19 pelanggan.

Data tersebut dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding.

“Seluruh pelanggan yang menggunakan jasa KA dipastikan telah memenuhi persyaratan sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. KAI Daop 1 Jakarta mengajak seluruh calon pengguna jasa agar mengikuti aturan yang telah ditetapkan untuk mewujudkan perjalanan KA yang aman, nyaman dan sehat,” katanya.

Adapun penerapan aturan tersebut merupakan komitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19 khususnya di transportasi KA.

Ibnu galansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here