Tuesday, 30 April 2024
HomeKabupaten BogorGempa Guncang Cianjur, Satu Keluarga Trauma hingga Ngungsi ke Bogor

Gempa Guncang Cianjur, Satu Keluarga Trauma hingga Ngungsi ke Bogor

Bogordaily.net dan takut atas terjadinya gempa magnitudo 5, 6 guncang Cianjur pada Senin, 22 November 2022 lalu, membuat keluarga asal Kampung Mangun, Desa Mangunkerta Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat memilih ke rumah keluarganya di Desa Sibanteng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor.

Satu keluarga itu berjumlah 16 orang terdiri dari orang tua, remaja dan anak kecil serta satu orang bayi dan ibu hamil.

Salah satu korban gempa Dikdik Sugilar 55 tahun mengatakan, saat itu gempa berlangsung cepat dan guncangannya sangat kencang. Rumahnya, anak dan keluarganya yang lain hancur.

“Termasuk lembaga pendidikan istri saya mengajar praktek menjahit hancur,”kata Didik Sugilar kepada wartawan.

Bahkan istrinya kata Didik yang saat itu sedang mengajar bersama dua muridnya sempat tertibun material bangunan. Beruntung langsung bisa diselamatkan meksipun bagian kepala dan kakinya mengalami luka memar.

“Ada luka di kepala dan kakinya pincang karena tertimpa material bangunan beruntung langsung bisa diselamatkan ,”katanya.

Didik mengatakan, dirinya ke Bogor ke rumah menantunya yang berada di Kecamatan Leuwisadeng. Didik tiba di Bogor menggunakan ambulans relawan.

“Ke sini di jemput mobil ambulans relawan dua balik ambulans ke Cianjur karena keluarga banyak awalnya ada 19 sekarang tinggal 16 orang yang tiga orang kembali lagi ke Cianjur,”katanya.

Didik mengatakan, untuk kondisi keluarganya saat ini mengalami pusing-pusing karena benturan di kepala. Sementara untuk orang tuanya laki laki berusia 73 tahun saat ini setelah tiba di Bogor langsung dibawa ke RSUD Leuwiliang lantaran mengalami patah tulang punggung.

“Dan saat ini harus dilakukan operasi masih di ruang IGD,” katanya.

Sementara itu menurut anak Didik yang sedang hamil Winda Puspitarahayu menceritakan saat kejadian dirinya berada di dalam rumah. Bahkan kondisi yang sedang di dalam rumah itu sempat tertimpa reruntuhan genting dan terpaksa harus keluar merangkak untuk menyelamatkan dirinya dibantu oleh suaminya.

“Saya berhasil menyelamatkan diri merangkak keluar dibantu suami karena guncangannya sangat kencang alhamdulilah sebelum rumah saya ambruk berhasil menyelamatkan diri,” katanya. (Ruslan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here