Monday, 30 September 2024
HomeKota BogorBPBD Kota Bogor Klaim Tidak Ada Kerusakan Imbas Gempa Bumi yang Menguncang...

BPBD Kota Bogor Klaim Tidak Ada Kerusakan Imbas Gempa Bumi yang Menguncang Bogor

Bogordaily.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, mengklaim tidak ada kerusakan rumah atau korban, imbas gempa bumi dengan mangnitudo 5, yang terjadi sekitar 25 kilometer barat laut Kota Bogor, Jawa Barat, pada Minggu, 15 Januari 2023, pagi hari.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Teofilo Patrocinio Freitas menjelaskan bahwa, sejauh ini, tidak ada kerusakan rumah, atau korban akibat gempa yang terjadi sekitar pukul 03.29, pagi hari, yang mana guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di seluruh wilayah Kota Bogor.

“Sejauh ini tidak ada (kerusakan rumah atau korban, imbas gempa yang terjadi subuh tadi),” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Teofilo Patrocinio Freitas kepada Bogordaily.net, Minggu 15 Januari 2023

Sementara itu, melalui akun twitternya, BMKG menyampaikan gempa terjadi pada Minggu, 15 Januari 2023, pukul 03.29 WIB. Lokasi gempa 25 km Barat laut Kota Bogor. Berdasarka informasi tersebut, gempa bumi terjadi dengan kedalaman 132 km.

Adapun letak episenter gempa Kota Bogor berada di koordinat 6.25 Lintang Selatan dan 106.58 Bujur Timur atau tepatnya 25 km Barat Laut Kota Bogor – Jawa Barat. Namun, berdasarkan hasil analisa BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Selain itu, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam

Sampai berita ini diterbitkan, belum ada laporan lebih lanjut mengenai korban atau kerusakan rumah, imbas gempa yang mengguncang Kota Bogor, dengan kekuatan mangnitudo (M) 5.

Muhammad Irfan Ramadan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here