Sunday, 29 September 2024
HomeKota BogorTingkatkan Pendapatan, Camat Bogor Selatan Maksimalkan Potensi Kampung Tematik Mulyaharja

Tingkatkan Pendapatan, Camat Bogor Selatan Maksimalkan Potensi Kampung Tematik Mulyaharja

Bogordaily.net – Kampung Tematik di Mulyaharja, menjadi tujuan Camat Bogor Selatan Hidayatulloh sebagai potensi wisata daerah yang akan membantu pemulihan ekonomi di selatan Kota Bogor. Salah satunya dengan mengomptimalkan penataan di Kampung Tematik.

“Keberadaan kampung tematik di Bogor Selatan, terbukti bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar. Kampung tematik AEO Mulyaharja banyak memberikan manfaat bagi warga,” kata Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh

Dia menekankan, keberadaan Kampung Tematik terbukti dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar. Seperti, Kampung Tematik AEO Mulyaharja yang telah beroperasional memberikan banyak manfaat bagi warga.

Ia mengatakan, pihaknya akan meningkatkan kemandirian daerah dengan berbgai upaya. Seperti peningkatan durian Rancamaya, penataan Kampung Tematik, arum jeram, dan yang baru-baru ini ramai dikunjungi yaitu Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) Bogor Selatan.

Hal tersebut, kata Hidayatulloh, tentunya banyak membawa dampak positif bagi warga sekitar, salah satunya membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan UMKM masyarakat, memperkenalkan kearifan lokal dan yang tak kalah penting adalah, pulihnya ekonomi usai dihantan pandemi Covid-19 dua tahun lalu, khususnya di Kota Bogor.

Selain itu, kata dia, hadirnya dua program Pemkot Bogor yakni, Bumi Ageung Batutulis dan Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) Bogor Selatan termasuk menjadi daya bangkit perekonomian baru di wilayah Selatan.

Sebagaimana diketahui kawasan Batutulis akan direvitalisasi Pemkot Bogor melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) untuk dijadikan tempat yang bersejarah memunculkan Kejayaan Pajajaran pusat kesundaan di Kota Bogor.

“Ya, sebagaimana kita ketahui bersama warga yang menganggur sudah bekerja disitu, warga yang terdampak PHK juga sudah bekerja disitu, ibu-ibu yang awalnya mengandalkan pekerjaan suaminya sudah bekerja disitu, sudah memberikan alternatif pendapatan lain bagi keluarganya,” jelas Hidayatulloh

Ia berharap ke depan kampung-kampung tematik baru juga akan memberikan manfaat yang sama bagi warga sekitar. Terlebih di wilayah Bogor Selatan, masi banyak potensi wisata alam yang bisa mendongkrak kembali ekonomi warga sekitar dan membuka lapangan pekerjaan baru.

“Mewujudkan kampung serdadu serba durian tematik di Rancamaya, Bukit Tupai di Pamoyanan dan arum jeram di Bondongan itu, menjadi prioritas utama kami, selain juga terus mengawal program Pemerintah Kota Bogor pertama Bumi Ageung dan GOM Bogor Selatan,” ucap Hidayatulloh.

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here