Tuesday, 30 April 2024
HomeHiburanMenilik Koleksi Buku Tempo Dulu Milik Eyang H Soelakon

Menilik Koleksi Buku Tempo Dulu Milik Eyang H Soelakon

Bogordaily.net–  Koleksi dan ensiklopedia Almarhum cukup beragam. Koleksinya yang tampak tua dan jadul tetapi tetap dirawat dengan sangat apik, hingga kini dan dapat dibaca oleh anak cucunya.

menjadi sumber informasi dan jendela dunia untuk memberikan banyak manfaat dalam berbagai aspek kehidupan. Berbagai dan ensiklopedia yang informatif juga semakin berkembang dan berevolusi menjadi versi baru untuk dibaca oleh para pencinta karya dan sastra. Salah satunya karya almarhum .

Koleksi buku dan ensiklopedia almarhum Eyang H. Soelakon
Koleksi dan ensiklopedia almarhum Eyang H. Soelakon. (Tangkapan Layar/Bogordaily.net)

Koleksi - dan ensiklopedia yang tebal itu bertuliskan ejaan bahasa Indonesia tempo dulu dengan kertas-kertasnya yang sedikit kecoklatan. Tak sedikit juga bacaan -buku tersebut yang menggunakan bahasa Inggris.

Jejeran koleksi Alm. Eyang H. Soelakon sangat mengagumkan, mulai dari buku jilid pertama cetakan ketiga yang ditulis oleh presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno dengan judul ‘Dibawah Bendera Revolusi'.

Koleksi buku dan ensiklopedia almarhum . (Tangkapan Layar/Bogordaily.net)

Buku ini sendiri diterbitkan pada tahun 1964 yang berisikan pikiran dan pidato sang proklamator yang menghimpun masa revolusi menuju Indonesia merdeka dengan konsep pengambaran Nasionalisme, Islamisme serta Marxisme.

Selain itu, yang menarik lainnya dari koleksi almarhum adalah replika tulisan Bung Karno  yang begitu rapi menggunakan tinta hitam di sebuah kertas yang sedikit kusam tetapi memperlihatkan keestetikaannya.

Kemudian, terdapat ensiklopedia tahun 1931 dengan judul ‘The New American Encyclopedia' yang berisikan sejarah kegiatan-kegiatan manusia yang saling berkesinambungan antara suatu peristiwa dengan peristiwa lainnya.

Isi tulisan ensiklopedia ini sendiri dibalut dalam sajian sastra Inggris yang tercetak di sebuah kertas berwarna cokelat. Saat ini ensiklopedia itu dipajang berdiri dan saling berdempetan di rak buku yang tertata rapi. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here