Wednesday, 1 May 2024
HomeKabupaten BogorCap Go Meh di Ciampea Dirayakan di Klenteng Hok Tek Bio

Cap Go Meh di Ciampea Dirayakan di Klenteng Hok Tek Bio

Bogordaily.net–  di dirayakan di Klenteng Hok Tek Bio. Perayaan yang diadakan setiap hari ke-15 bulan pertama kalendar China atau dua Minggu setelah Imlek itu tak hanya dirayakan di Kota Bogor. Umat Tionghoa di Ciampea, Kecamatan Ciampea, juga turut merayakannya.

Untuk mengamankan acara di Klenteng Hok Tek Bio Ciampea, Kapolsek Ciampea mengerahkan 64 personel gabungan terdiri dari, TNI Polri, Pol PP, Dishub, Linmas dan organisasi kemasyarakatan (ormas).

“Tadi sore kami melakukan apel gabungan untuk mengamankan acara atau gotong tapekong yang dilakukan umat Tionghoa di Ciampea,” kata Kapolsek Ciampea, Kompol Beben Susanto kepada wartawan, Minggu, 5 Februari 2023.

Menurut Kompol Beben, saat gotong tapekong untuk arus lalulintas dialihkan sementara melalui jalur Lapangan Tembak.

Baca Juga: Perayaan Cap Go Meh Dimulai, Ribuan Orang Tumpah Ruah di Suryakencana

“Itu hanya saat acara gotong tapekong dan penampilan barongsai agar tidak terjadi kepadatan dan penumpukan kendaraan,” ungkapnya.

Sementara itu petugas gabungan pun nantinya diterjunkan di beberapa titik selain untuk mengamankan perayaan . Juga untuk mengatur lalu lintas.

“Mulai dari Pasar Ciampea hingga persimpangan warung borong,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, di Kota Bogor perayaan di sepanjang Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor dihadiri ribuan warga. Mereka datang untuk menyaksikan parade budaya dalam acara tersebut, pada Minggu, 5 Februari 2023.

Pantauan Bogordaily.net di lokasi, masyarakat yang hadir datang dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Rata-rata mereka yang datang membawa keluarganya untuk menunggu parade barongsai yang digelar dalam perayaan .

Masyarakat yang datang menyaksikan langsung perayaan , ternyata berasal bukan dari daerah Kota Bogor saja. Melainkan luar Kota Bogor.

Bogor Street Festival dimeriahkan oleh atraksi selama delapan jam, rutenya mulai dari Jalan Suryakencana hingga Jalan Siliwangi. Atraksi tersebut melibatkan ratusan pelaku seni. Seni yang akan ditampilkan, di antaranya Ogoh-ogoh dari Bali, Kendang Beleq dari Lombok, dan Bouraq dari Cirebon.

Seni yang ditampilkan seperti Ogoh-Ogoh Bali, Kendang Beleq dari Lombok, dan Bouraq dari Cirebon, ikut serta memeriahkan Kota Bogor. Selain itu, juga ada Ondel-ondel Betawi, dan Reog Ponorogo, serta belasan sanggar kesenian yang berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya.(Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here