Saturday, 26 October 2024
HomeNasionaldr. Asih Budi Utami, M.Kes., AAAM Edukasi Pentingnya Gaya Hidup Sehat dan...

dr. Asih Budi Utami, M.Kes., AAAM Edukasi Pentingnya Gaya Hidup Sehat dan Asupan Makanan

Bogordaily.net – Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, owner RA Clinic Bogor, dr. Asih Budi Utami, M.Kes., AAAM, memberikan edukasi mengenai gaya hidup sehat dan pemilihan asupan makanan yang tepat.

Dr. Asih menekankan pentingnya pola hidup sehat yang dapat dimulai dengan menjaga asupan makanan, berolahraga secara teratur, serta menjaga keseimbangan fisik dan mental.

Menurut dr. Asih, gaya hidup sehat sangat dipengaruhi oleh kecermatan dalam memilih makanan.

“Asupan makanan yang baik harus rendah karbohidrat, gula, dan garam. Pemilihan asupan ini sangat penting untuk menjaga kadar gula dalam tubuh serta mencegah penyakit-penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung,” ujar dr. Asih kepada Bogordaily.net, Kamis 12 September 2024.

Selain pola makan yang sehat, olahraga juga menjadi salah satu pilar utama dalam menjaga kebugaran tubuh.

Dr. Asih menyarankan agar setiap orang berolahraga minimal empat kali dalam seminggu, dengan durasi 30 menit hingga 1 jam.

“Aktivitas fisik ini, menurutnya, sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung,” ucapnya.

Tidak hanya itu, dr. Asih juga menyoroti pentingnya menjaga kecukupan cairan dan waktu istirahat.

“Minumlah air putih minimal 2,5 liter setiap harinya agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, pastikan tubuh mendapatkan tidur yang cukup, yaitu sekitar 6-8 jam per hari, agar sistem tubuh dapat berfungsi optimal,” jelasnya.

Lebih lanjut, dr. Asih juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan mental. Menurutnya, menjaga pikiran tetap positif memiliki dampak besar terhadap kesehatan fisik.

“Stres berlebihan, dapat memicu berbagai penyakit seperti gangguan jantung dan gangguan pencernaan,” katanya.

Bahaya Asupan Karbohidrat Berlebihan

Dr. Asih juga mengingatkan masyarakat akan bahaya konsumsi karbohidrat secara berlebihan.

“Jika terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, kadar gula dalam tubuh bisa meningkat tajam. Gula yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti hipertensi, gagal ginjal, dan gangguan hati,” paparnya.

Selain itu, ia menegaskan pentingnya mengontrol konsumsi makanan tinggi karbohidrat untuk mencegah munculnya penyakit lainnya.

“Mengontrol asupan makanan adalah langkah awal yang sangat penting. Jika tidak dijaga, efek jangka panjangnya sangat merugikan tubuh kita,” tambahnya.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari risiko penyakit dan menjaga kualitas hidup yang lebih baik di masa depan.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here