Monday, 7 October 2024
HomePolitikBamus Center Siap Mengawal Demokrasi Kabupaten Bogor

Bamus Center Siap Mengawal Demokrasi Kabupaten Bogor

Bogordaily.net – Acil Wahyudin, inisiator Tim 9 Bamus, menyatakan bahwa Bamus Center dibentuk sebagai lembaga yang berperan penting dalam mengawal kemajuan masyarakat Kabupaten Bogor.

Lembaga ini diharapkan dapat menjadi alat kontrol sosial yang efektif, terutama dalam memastikan pelaksanaan demokrasi yang sehat di kabupaten tersebut.

Mempersiapkan Masyarakat Menghadapi Pilkada

Dalam waktu dekat, Bamus Center akan terjun langsung ke masyarakat untuk mensosialisasikan pentingnya perhelatan demokrasi yang akan berlangsung, yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor pada 27 November 2024.

Acil menyoroti bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui atau memahami sepenuhnya mengenai Pilkada ini.

“Bamus Center akan membantu menyosialisasikan Pilkada kepada masyarakat agar mereka bisa berpartisipasi aktif dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pemilihan,” ujarnya.

Acil juga menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mewujudkan nilai-nilai demokrasi dengan memberikan suara mereka pada calon kepala daerah pilihan mereka.

Tantangan Demokrasi di Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor memiliki wilayah yang sangat luas dan penduduk yang hampir mencapai 5 juta orang, dengan jumlah pemilih sekitar 3,9 juta jiwa.

Meski demikian, Pilkada kali ini hanya diikuti oleh dua kontestan. Acil mengungkapkan bahwa meski peluang untuk mencalonkan diri terbuka lebar, hanya sedikit partai yang siap berkompetisi, terutama setelah keputusan Mahkamah Konstitusi yang memungkinkan partai dengan perolehan suara minimal 6,8 persen untuk mengusung calon.

“Sayangnya, dari banyak tokoh potensial di Kabupaten Bogor, hanya dua kandidat yang bertarung di Pilkada kali ini,” ujarnya.

Namun, ia tetap bersyukur bahwa di Kabupaten Bogor tidak terjadi situasi lawan kotak kosong, sehingga nilai demokrasi tetap terjaga.

PDIP dan Koalisi Rakyat

Saat ini, kata dia, Bamus Center memberikan dukungannya kepada calon nomor urut 2, yang didukung oleh PDIP.

Menurut Acil, PDIP adalah satu-satunya partai yang siap untuk menegakkan demokrasi dan berkoalisi dengan rakyat dalam Pilkada kali ini.

“PDIP menunjukkan kesiapan mereka untuk mendukung demokrasi yang sehat dengan melibatkan partisipasi rakyat secara aktif,” kata Acil.

Dengan kerja keras Bamus Center dan berbagai pihak lainnya, diharapkan Pilkada Kabupaten Bogor dapat berjalan lancar, aman, dan menghasilkan pemimpin yang mampu membawa kemajuan bagi seluruh masyarakat.***

Gibran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here