Wednesday, 9 October 2024
HomeKabupaten BogorMahasiswa IUQI Bogor Magang di MI Al Hidayah, Jalin Kemitraan Pendidikan

Mahasiswa IUQI Bogor Magang di MI Al Hidayah, Jalin Kemitraan Pendidikan

Bogordaily.net – Kelompok 10 magang Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor (IUQI) melaksanakan pembukaan magang di MI Al Hidayah, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Selasa (1/10/2024).

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkuat kerjasama antar institusi pendidikan, Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor (IUQI) menjalin kerjasama dengan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Hidayah.

Kerjasama ini ditandai dengan dimulainya program magang bagi mahasiswa IUQI di MI Al-Hidayah.

Program magang ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa IUQI, khususnya program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka peroleh di bangku kuliah secara langsung.

Selama magang, mahasiswa akan terlibat dalam berbagai aktivitas pembelajaran, seperti membantu guru dalam proses mengajar, membuat bahan ajar, serta berinteraksi langsung dengan mahasiswa.

Acara pembukaan magang tersebut dihadiri oleh kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) yaitu Bapak Ahmad Sutisna, S. Pd. I., Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Ibu Dr. Ria Rizki Agustini M. Pd., Bapak/Ibu guru MI Al-Hidayah dan mahasiswa magang IUQI.

Acara tersebut dimulai pada pukul 10.00 WIB yang dipandu oleh MC, yaitu Silvi Sulistiany Azzahra Futri, dengan susunan acara pembukaan, dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Halimatul Sa’diyah, dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Sheila Latifah, dilanjut dengan sambutan-sambutan, dilanjutkan dengan simbolis serah terima magang IUQI, dan ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh M. Iqbal Al-Ghifari.

Di dalam sambutan, Ibu Dr. Ria Rizki Agustini M.Pd (Dosen Pembimbing Lapangan) dari IUQI, mengungkapkan bahwa program magang ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa. “Program magang ini memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah mereka pelajari di bangku kuliah secara langsung. Selain itu, mereka juga dapat mengembangkan soft skills yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.” Ujarnya.

Selama menjalani magang, mahasiswa akan terlibat dalam berbagai aktivitas pembelajaran, seperti membantu guru dalam proses mengajar, membuat bahan ajar, serta berinteraksi langsung dengan siswa.

Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan soft skills seperti komunikasi, kerja sama tim, dan problem-solving.

“Kami berharap program magang ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka peroleh di bangku kuliah,” ujar Ahmad Sutisna S. Pd. I.

“Selain itu, kami juga ingin memberikan pengalaman yang berharga bagi siswa kami dengan kehadiran mahasiswa magang yang penuh semangat dan ide-ide kreatif,” tambahnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here