Saturday, 26 October 2024
HomePolitikDiskusi Dengan Pemuda di Bogor, Cawagub Ilham Habibie Janji Akan Beri Kemudahan...

Diskusi Dengan Pemuda di Bogor, Cawagub Ilham Habibie Janji Akan Beri Kemudahan Lapangan Pekerjaan

Bogordaily.net – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3 Ilham Habibie, menjanjikan akan memberikan kemudahan lapangan pekerjaan bagi para pemuda atau gen z, ditengah meningkatnya jumlah angka pengangguran.

Hal tersebut ia sampaikan usai menghadiri diskusi bersama pemuda atau gen z di Bento Cafe Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Jum’at 25 Oktober 2024.

Dalam kesempatan tersebut, para anak muda menyampaikan berbagai harapan serta keluh kesahnya kepada Cawagub Ilham Habibie salah satunya sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan.

“Tadi ada banyak pertanyaan seperti bagaimana peranan gen z kedepan. Mereka tidak sabar menunggu adanya lapangan pekerjaan dan ada banyak hal yang tadi saya mencoba untuk menjawabnya,” kata Ilham Habibie kepada wartawan, Jum’at 25 Oktober 2024.

Ilham Habibie menilai, saat ini anak muda atau gen z masih perlu diperhatikan, salah satunya untuk dapat terus berpartisipasi aktif dalam berbagai program yang ada di desanya masing masing.

“Dia kasih contoh misalnya di desa tiap tahun itu turun 1 miliar dan itu untuk infrastruktur, pengen nya itu juga untuk kegiatan kegiatan masyarakat,” jelasnya.

“Ini saya telah terangkan tadi itu suatu hal yang tidak mudah tetapi ada saja jalan keluarnya, harus ada kolaborasi antar pemerintah dan organisasi kemasyarakatan dimana tentu pemuda ada peranan disitu,” tambah Habibie.

Lebih lanjut Ia mengakui bahwa, berbagai keluhan yang disampaikan oleh para pemuda atau gen z merupakan kondisi nyata yang sering terjadi di masyarakat.

“Tetapi memang keluhan yang mereka sampaikan kurang adanya program dukungan dari Pemerintah, dan saya bisa cerita dari pengalaman saya sendiri itu memang sering terjadi,” ujar Habibie.

Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan  langkah untuk memberikan kemudahan lapangan pekerjaan bagi para pemuda dan gen z, salah satunya dengan mendorong adanya pabrik baru yang masuk ke Indonesia.

“Ini ada yang jangka pendek dan jangka panjang, kalau ada yang berjanji akan membuka lapangan pekerjaan besok lusa ada pekerjaan itu bohong, tetapi yang bisa kita lakukan yang jangka panjang yang lebih mudah seperti mendorong pabrik baru masuk,” imbuhnya.

Selanjutnya jika nantinya ia terpilih menjadi Cawagub Jawa Barat, pihaknya akan meningkatkan adanya pelatihan kerja bagi para pemuda atau gen z. Sehingga dapat memudahkan mereka memiliki keahlian dan mendapat lapangan pekerjaan.

“Ada juga yang lama menjadi lebih besar, kita bisa melakukan hubungan itu kita menyiapkannya dengan pelatihan. Jadi kita membantu pelatihan dengan keperluan mereka ,” ungkap Ilham Habibie. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here