Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaPSSI Merancang Buku 5 Panduan Keselamatan COVID-19

PSSI Merancang Buku 5 Panduan Keselamatan COVID-19

BOGORDAILY – Beredar protokol keselamatan COVID-19  untuk penyelenggaraan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020. Ternyata itu hanya 1 dari 5 panduan yang disiapkan .

Panduan tersebut dirumuskan dengan mengkombinasikan berbagai referensi dari FIFA, WHO, AFF, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan Bundesliga.

Para penyusunnya adalah Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Yunus Nusi, Wakil Sekjen Maaike Ira Puspita, Direktur Teknik Indra Sjafri, Ketua Tim Medis dr. Syarif Alwi, dokter Timnas Indonesia U-19 dr. Dicky M. Shofwan, dokter Timnas Indonesia U-16 dr. Ifran Ahmad dan dokter Timnas Putri Indonesia dr. Leksolie Foes.

Ada tujuh bagian dalam pedoman tersebut yang meliputi; Dasar Pemikiran, Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 untuk Klub Sepak Bola, Panduan Sebelum Pertandingan, Orang-orang yang Boleh Berada di Stadion, Panduan Saat Hari Pertandingan, Panduan Setelah Pertandingan, dan Penerapan Higiene, dan Sanitasi Lingkungan di Area Stadion.

Ketua Tim Medis , Dokter Syarif Alwi, memberikan satu panduan lainnya kepada detikSport yakni Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Klub. Ia dan timnya saat ini masih bekerja untuk menyusun tiga pedoman lainnya. Saat semua rampung, lima pedoman itu akan disatukan dan dicetak menjadi buku.

“Pedoman yang kamu pegang itu panduan penyelenggaraan pertandingan. Ini saya kasih juga Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID di Klub,” kata Syarif Alwi kepada detikSport.

“Totalnya ada lima pedoman, tiga pedoman lainnya untuk TC Timnas yang berlaku untuk semua kelompok usia, pedoman SSB (sekolah sepakbola), dan pedoman untuk kursus-kursus kepelatihan. Kami akan buat semacam buku panduan untuk dicetak menjadi buku dan akan dibagikan supaya menjadi standar panduan,” ujarnya menambahkan.

Sementara Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID di Klub terdiri dari lima bagian. Yakni meliputi pencegahan dan pengendalian COVID-19 secara umum, pedoman untuk akomodasi hotel saat tim melakukan perjalanan away, rekomendasi prosedur untuk dugaan atau positif COVID-19, pedoman untuk higiene dan sanitasi lingkungan, dan kebutuhan tambahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here