Salam dari Rakyat Kebanyakan - bogordaily.net
BOGOR CITY

Salam dari Rakyat Kebanyakan

Buat rakyat kebanyakan, kebutuhan sandang, pangan dan papan dalam batas minimal dapat mereka penuhi. Bagi rakyat kebanyakan (petani,buruh, nelayan) makan dengan sambal, rebusan daun pepaya singkong, ikan asin dan tahu sudah dapat menjadi sumber energi produktifitas.

Mereka juga cukup dengan pakaian sederhana murah dan tempat tinggal sederhana. Mereka bisa menanam padi, sayur-sayuran, memelihara ikan, atau barter lauk-pauk dengan padi.

Sementara bagi yang belum dapat memenuhi sandang, pangan dan papan (dalam batas waktu tertentu), tetap bisa terpenuhi karena sistem kekerabatan yang terbangun dalam komunitas.

Problem besar masyarakat kebanyakan adalah mengenai kesehatan. Sebab mereka tidak dapat mengobati sakit mereka sendiri dan biaya mahal.

BPJS juga belum semua mendapatkannya, baik PBI maupun non PBI. Kalaupun sudah memiliki, pada banyak kasus rumah sakit tidak melayani dengan baik.

Pasien kelas tiga yang perlu rawat inap dipastikan sering ditolak karena tidak tersedia fasilitas. Selain itu, pemerintah juga sering menunggak pembayaran pada rumah sakit sehingga pemegang BPJS PBI tidak dapat terlayani.

Masalah lain juga dalam pendidikan yang baik dan bermutu sebagai pintu gerbang kemajuan generasi mereka.

Walaupun pendidikan dasar, menengah pada sekolah negeri sudah gratis, mereka tetap memerlukan pendidikan tinggi. Tentunya pendidikan tinggi yang murah (kalau perlu gratis) dan tetap berkualitas.

Kita semua (apalagi pemerintah) berkewajiban agar semua generasi rakyat kebanyakan itu dapat memperbaiki taraf hidupnya.

 

Salam Rakyat Kebanyakan

Sugeng Teguh Santoso, SH

 

Komentar Anda?

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu