Friday, 26 April 2024
HomeKota BogorGempa Sukabumi 6.3 SR Terasa Sampai di Bogor

Gempa Sukabumi 6.3 SR Terasa Sampai di Bogor

BOOR DAILY– Getaran gempa bumi 6,3 SR yang berpusat di dekat Sukabumi, Jawa Barat, dirasakan di beberapa kota besar. Getaran gempa tersebut terasa di Kota Sukabumi, Kabupaten Bogor, Jakarta, Bandung, dan Cianjur.

Di Bandung getaran gempa terasa cukup kuat dengan durasi waktu 3 sampai 5 detik. Di Bogor, gempa juga sangat kuat dan membuat sebagian warga keluar dari rumah.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan, Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke beberapa BPBD. Dilaporkan gempa dirasakan di beberapa daerah meliputi:

– Gempa dirasakan cukup kuat/keras di Kota Sukabumi selama 5-6 detik. Sebagian masyarakat keluar rumah tetapi tidak menimbulkan kepanikan.
– Gempa dirasakan cukup keras selama 3-5 detik di Kabupaten Bogor. Sebagian masyarakat keluar rumah.
– Gempa dirasakan lemah selama 3 detik Jakarta. Masyarakat yang tinggal di gedung bertingkat merasakan guncangan dengan intensitas sedang. Lampu bergoyang dan perabotan rumah bergetar.
– Gempa dirasakan cukup kuat di Bandung selama 3-5 detik. Meja terasa bergetar. Sebagian masyarakat keluar rumah.
– Gempa dirasakan cukup keras di Kabupaten Sukabumi selama 5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah.
– Gempa juga dirasakan lemah hingga sedang oleh masyarakat di Cianjur, Bekasi, Depok, Kota Bogor, Garut, Kabupaten Bandung.

“Gempa bumi dengan kekuatan 6,3 SR dengan epicentrum di Samudera Hindia tepatnya 179 km barat daya Kota Sukabumi atau 226 km barat daya Bandung atau 253 km barat daya Jakarta pada pukul 06.15 Wib. Pusat gempa pada kedalaman 10 km,” ujar Sutopo dalam pesan singkatnya, Senin (12/5/2017).

Sutopo menjelaskan gempa tidak berpotensi tsunami tsunami. Dia menduga gempa tidak menimbulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa. Guncangan gempa hanya dirasakan namun tidak merusak.

“Umumnya bangunan akan rusak atau roboh jika menerima gempa dirasakan di atas VI MMI (skala satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi),” ucapnya.