Pingin Hemat Bahan Bakar Saat Mudik? Begini Tipsnya - bogordaily.net
LIFESTYLE

Pingin Hemat Bahan Bakar Saat Mudik? Begini Tipsnya

BOGOR DAILY– Mudik menggunakan mobil, meski lebih melelahkan, masih menjadi pilihan paling favorit bagi masyarakat Indonesia. Selain lebih fleksibel saat bepergian, mudik menggunakan mobil juga dipercaya lebih irit.

Tetapi sayang, mudik menggunakan mobil biasanya juga berisiko lebih boros terutama saat terjebak kemacetan. Anda tentu masih ingat perisitwa “Brexit” pada mudik 2016, ketika ribuan kendaraan terjebak jelang pintu tol Brebes Timur Jawa Tengah.

Selain jatuhnya korban jiwa sebanyak 12 orang ketika itu, sebagian pemudik dipaksa keluar mobil dan berjalan kaki untuk mencari bahan bakar tangki kendaraan mereka terkuras habis.

Lalu bagaimana cara mengemudi irit bahan bakar ketika terjebak kemacetan saat mudik?

Trainer Nissan College Sugihendi mengatakan saat terjebak macet pengemudi sebaiknya melakukan akselerasi secara bertahap dan hindari membebani mesin atau putaran mesin secara berlebihan.

“Untuk jalanan macet stop and go, injaklah pedal gas dengan sangat halus,” kata Sugihendi.

“Apabila memungkinkan, pergunakanlah hanya pedal rem saja untuk transmisi automatic dan CVT untuk mengurangi penggunaan bahan bakar,” imbuh dia.

Selain tips berkendara yang irit bahan bakar, Sugihendi juga menyarankan para pemudik memeriksa 10 komponen sebelum mudik.

“Ada 10 aspek yang harus diperhatikan dalam persiapan, yaitu periksa ban, aki, rem, wiper, washer, oli mesin, radiator, lampu, kotak P3K, dan servis rutin secara berkala,” jelas dia.

Tak hanya itu, dia juga mengimbau para pemudik untuk memperhatikan muatan dan beban yang dibawa di dalam mobil, agar berkendara lebih aman dan meminimalisasi risiko kecelakaan.

“Perhatikan manajemen barang, pastikan semua barang dalam keadaan terikat, atau diberi jaring pengaman. Usahakan barang yang berat ada di posisi bawah untuk menjaga stabilitas dan jangan menaruh bawaan melebihi ketinggian sandaran, karena dapat mengakibatkan cedera serius saat kecelakaan,” jelas dia.

Komentar Anda?

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu