Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorTanah di Cibogor Terus Bergerak, Empat Rumah Kena Imbas

Tanah di Cibogor Terus Bergerak, Empat Rumah Kena Imbas

BOGOR DAILY-Bencana pergeseran tanah mengakibatkan empat rumah dan jembatan mengalami kerusakan di Gang Texan RT02/06, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah pada Selasa (13/2) malam.

Satu rumah warga yang terdampak sudah tidak bisa dihuni, sehingga satu keluarga diungsikan ke rumah susun sewa (rusunawa) menteng. Sementara tiga keluarga lainnya masih bertahan di rumah masing-masing.

Anggota Pusdalops-Pb Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Achmad Maulana mengatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 17.00 WIB disaat hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Bogor Tengah.

“Adapun empat rumah yang terdampak bencana tersebut, bangunan rumah ambruk milik Soni (61) dihuni delapan jiwa. Sementara tiga rumah lainnya mengalami retakan pada tembok rumah, diantaranya milik Dian Nurdiansyah (35) dihuni empat jiwa, Yansen (40) dihuni tiga jiwa dan Candra Purnawan (49) dihuni tiga jiwa,” ungkap Achmad pada Rabu (14/2) siang.

Achmad melanjutkan, selain rumah, jembatan yang menjadi akses penghubung antara RT02/06 dengan RT01 dan RT03/06 mengalami pergeseran. Meski begitu tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Upaya yang dilakukan oleh kami, assessment oleh TRC-PB BPBD Kota Bogor dilokasi kejadian,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Bogor Tengah, Agustiansyach mengatakan, kejadian itu telah ditangani oleh BPBD dan aparat wilayah Kecamatan Bogor Tengah. Tenda darurat sudah dipasang oleh BPBD dan terpal dilokasi kejadian sudah terpasang.

“Saat ini, keluarga Soni telah diungsikan ke rusunawa Menteng, sementara penghuni rumah lainnya masih bertahan dirumahnya masing-masing,” jelasnya.

Agus menambahkan, upaya selanjutnya pihaknya berkomunikasi dengan BPBD dan dinas terkait untuk memberikan bantuan kepada para korban.

“Apabila kondisi cuaca masih terjadi hujan dengan intensitas tinggi, penghuni tiga rumah lainnya akan diungsikan ke rusunawa. Kami juga memonitor wilayah lain yang rawan terjadi bencana diwilayah Bogor Tengah,” pungkasnya.

sumber: inilah.com