Tuesday, 28 May 2024
HomeKota BogorKontes Domba di Kebun Raya Bogor, Jokowi Kaget, Harganya ada yang Rp50...

Kontes Domba di Kebun Raya Bogor, Jokowi Kaget, Harganya ada yang Rp50 Juta

BOGORDAILY – Istana Bogor ramai dipenuhi para peternak domba. Mereka sedang mengikuti lomba yang digagas presiden , Sabtu (27/8/2016.)

rupanya punya cerita sendiri soal kambing. Di depan para peternak, Presiden bercerita punya 5 ekor domba yang dipelihara di Istana Bogor.

“Sampurasun…” kata Presiden mengawali sambutannya di depan para peternak domba di Kebun Raya Bogor, Bogor.

“Rampes…” jawab para peternak.

“Saya tadi saat masuk ke sini kaget sekali. Saya kan kan punya domba 5, belinya Rp 3-4 jutaan. Pikir saya harganya sudah mahal sekali, saya sudah dapat dombanya saja sudah senang, tanduknya begitu (bagus). Lihat ke sini minder betul-betul,” lanjut disusul tawa hadirin.

“Saya tanya Pak Ketua, yang gini berapa (menunjuk salah satu domba)? Rp 50 juta. Wah, ya sudah. Pikir saya sudah mau saya bawa domba saya suruh ke sini. ‘Jangan pak, nanti bapak lihat sendiri' (domba peternak). Untung saya diberi saran,” lanjutnya disusul tawa.

Hadir dalam acara itu Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Wali Kota Bogor Bima Arya, dan pejabat setempat lainnya. Acara ini bertema ‘Temu Wicara dan Garut Piala Kemerdekaan RI'.

“Nanti saya tunjukin milik saya. Nanti kita ke Istana bareng-bareng,” kata mengajak peternak.

“Itu saja yang bisa saya sampaikan, saya kagum sekali (domba) milik asli Indonesia,” tutup disambut tepuk tangan.

Sementara Menteri Perternakan Amran Sulaiman mengatakan potensi peternakan domba dan kambing sedang dikembangkan pemerintah. Harga domba bisa mahal karena kandungan proteinnyaa yang tinggi.

“Susunya Rp 35 ribu per liter, sapi hanya Rp 5.000. Proteinnya 27 persen, sapi 22-24 persen. Jauh lebih tinggi (kambing/domba). Jadi kita jangan selalu swasembada daging, tapi juga swasembada susu,” ucap Amran.(bdn/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here