Tuesday, 21 May 2024
HomeNasionalHeboh Aksi 212 Bela Sampah Nyaris Ricuh

Heboh Aksi 212 Bela Sampah Nyaris Ricuh

BOGORDAILY- Aksi bersih-bersih di Jalan Pemuda saat gelaran Car Free Day (CFD), Minggu (19/2/2017), menuai kecaman.

Aksi tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari. Kegiatan diawali apel di halaman kantor Pemkab Klaten yang diikuti berbagai komunitas peduli lingkungan, semisal LSM, pegiat bank sampah, hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Kegiatan kemudian dilanjutkan aksi bersih-bersih di jalur CFD dengan memungut sampah yang berserakan di jalan.

Tak hanya itu, kegiatan bertajuk “” tersebut juga diisi fashion show pakaian hasil olahan sampah hingga pameran produk yang berasal dari sampah.

Menurut Koordinator aksi, Agus Hartono, pemilihan angka 212 merujuk pada tanggal dan bulan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, yaitu 21 Februari.

Sedangkan kata “Bela Sampah” merupakan ajakan kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap sampah.
“Selama ini, sampah sering menjadi kambing hitam saat terjadi masalah lingkungan. Padahal, selama ini perlakuan terhadap sampah masih belum tepat,” katanya.

Meski bertujuan positif, aksi tersebut sempat mendapat penolakan dari sejumlah warga pengunjung CFD.
Pasalnya, penggunaan kata “” dituding telah melecehkan penyelenggaraan aksi 212 di Jakarta berkaitan kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama, pada 2 Desember 2016 lalu.
Sempat terjadi ketegangan antara peserta aksi dan warga yang mengaku tersinggung atas penggunaan kata-kata itu. Namun akhirnya bisa dilerai polisi. (tib/bd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here