Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorKarena Hobi, Warga Bogor Ini Ikut Kontes Ikan Cupang ke Majalengka

Karena Hobi, Warga Bogor Ini Ikut Kontes Ikan Cupang ke Majalengka

BOGORDAILY – Majalengka Betta Komunity Jatiwangi, Kabupaten Majalengka gelar kontes ikan cupang dengan 300 peserta yang datang dari berbagai daerah di wilayah III Cirebon serta Bogor di Pasar Ciborelang, Jatiwangi, Minggu, 26 Februari 2017.

Menurut keterangan Ketua Panitia Penyelenggara Fidi, dilakukannya kontes ikan cupang ini terkait banyaknya pecinta ikan cupang dengan jenis yang beragam. Ikan cupang yang tahan dengan sedikit oksigen, kecil, unik dan bisa hidup di media kecil tak hanya digemari anak kecil namun juga orang dewasa karena dianggap lucu.

“Sekarang banyak pecinta ikan cupang ini mereka berasal dari semua kalangan, jenis ikannya beragam,” kata Fidi.

Menurutnya jenis ikan yang dilombakan antara lain adalah plakat marble fancy serta baby hapfmoon dengan tiga kategori, yaktu kelas warna, bukaan ekor serta kesempurnaan ikan.

“Pemenang kami sediakan trofy serta uang pembinaan,” ungkap Fidi.

Lomba ikan cupang ini menurut Fidi baru pertama kali dilakukannya, lain halnya dengan ikan koi yang sudah banyak dilakukan oleh komunitas pecinta koi. Kedepan MBK akan berupaya melakukan kontes secara rutin dengan peserta yang lebih banyak. Karena ternyata pecinta cupang sangat banyak terbukti dari jumlah peserta yang mengikuti kontes kini mencapai 300 peserta yang datang dari berbagai daerah seperti Kabupaten dan Kota Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka sendiri bahkan ada yang datang dari Bogor.

Sementara itu Roby salah seorang peserta asal Bogor mengatakan dirinya memabawa dua jenis ikan cupang yang dilombakan. Sejumlah ikan cupang peliharaanya sudah berulang kali dilombakan di berbagai daerah.

“Saya menyukai ikan cupang sejak kecil, makanya saya sejak remaja berusaha untuk beternak ikan cupang sekaligus diperjualbelikan yang ternyata cukup laku karena selain disukai anak-anak pecinta ikan cupang juga banyak,” ungkap Roby.

Walaupun penyelenggaraan kontes dilakukan di lantai III pasar ternyata pengunjung cukup banyak, tak hanya peserta namun juga menajdi tontonan warga sekitar.

PIKIRANRAKYAT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here