Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalKasihan, Selama 4 Tahun Koin Rp1.000 Ini Menempel di Usus Bocah Asal...

Kasihan, Selama 4 Tahun Koin Rp1.000 Ini Menempel di Usus Bocah Asal Sukabumi

BOGORDAILY- Pasangan Marlis dan Elah warga Kampung Bebera, RT 002 RW 004 Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat bingung bukan kepalang. Sebuah uang koin Rp 1.000 menempel di usus bagian bawah putri kedua mereka yang bernama Danianis (13).

Koin tersebut baru diketahui setelah mereka membawa Danianis ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan sinar X atau Rontgen. Hasil pemeriksaan diketahui ada sebuah benda membulat menempel di jaringan ususnya.

“Saya tanya anak saya, akhirnya dia mengaku jika pernah enggak sengaja menelan uang koin waktu masih duduk di kelas 4 Sekolah Dasar. Saat itu dia nggak langsung bilang, karena takut saya marah,” tutur Marlis orang tua bocah yang akrab dipanggil Dania, seperti dilansir detikcom, Rabu (8/2/2017).

Saat ini Dania duduk dikelas 2 SMP, sudah 4 tahun koin tersebut menempel di dalam perutnya. “Selama ini dia suka mengeluh, perutnya sakit sampai melilit tapi enggak mau bilang apa penyebabnya. Saya juga cuma kasih obat warung atau periksa biasa ke balai pengobatan, tapi sakitnya itu enggak sembuh-sembuh malah makin parah,” lanjut Marlis.

Kondisi Marlis yang hanya buruh serabutan membuatnya sempat kesulitan untuk membawa Dania ke rumah sakit karena khawatir biaya yang besar. Namun karena melihat sakit perut Dania semakin kronis dan beberapa kali tak sadarkan diri karena sakit yang dirasakannya. Akhirnya Marlis mengajak istri dan putrinya itu ke kantor desa untuk meminta bantuan.

“Saya sudah dibantu proses BPJS gratis oleh pihak desa, tapi kartu itu tidak keluar padahal katanya sudah diverifikasi. Akhirnya saya minta saran ke bapak kepala desa yang akhirnya beliau menyarankan saya untuk memeriksakan diri ke rumah sakit dan di rontgen sementara pihak desa membuatkan kartu Jamkesda,” ujar Marlis.

Pihak rumah sakit yang melakukan Rontgen menyarankan agar Danianis menjalani operasi, karena kondisi koin yang sudah mengeluarkan semacam racun harus segera diangkat.

“Lagi-lagi saya bingung karena biaya operasi katanya di atas Rp 10 Juta, untunglah setelah itu pak kades mendatangi saya dan menyebut semua biaya operasi ditanggung oleh pemerintah melalui Kartu Jamkesda. Alhamdulillah rencananya Kamis (9/2/2017) anak saya bisa menjalankan operasi,” tandas Marlis.

DI RAWAT DI RSUD

Keluarga Danianis (13) bocah yang tertempel koin Rp 1.000 di ususnya selama 4 tahun sempat disuruh pulang saat tiba di RSUD R Syamsudin SH, Kota Sukabumi. Dania sempat diminta pulang oleh pihak RSUD Syamsudin dengan alasan dokter bedah sudah tidak ada ditempat.

“Saya ke sini bukan jarak yang dekat, bisa dibayangkan kondisi Dania dari tadi kesakitan naik angkutan umum dari Cicurug ke Kota Sukabumi menempuh perjalanan 3 jam terus sampai sini disuruh pulang lagi dengan alasan dokternya tidak ada,” tutur Asiah (55) bibi Dania di ruang tunggu rumah sakit kepada sejumlah wartawan, Rabu (8/2/2017) malam.

Asiah berharap, keponakannya itu mendapat pemeriksaan lebih dulu atau beristirahat mengingat saran dari tenaga medis yang sebelumnya merawat Dania harus secepatnya di operasi.

“Saya pikir darurat, ditambah dari tadi Dania meringis menahan sakit. Rumah sakit di Cicurug angkat tangan karena minimnya peralatan makanya dirujuk kesini,” lanjut Asiah.

Sekitar 30 menit kemudian, pihak rumah sakit akhirnya mengizinkan Dania mendapat perawatan. Namun belum bisa dipastikan kapan bocah kelas 2 SMP itu akan menjalani operasi bedah.

“Saya kurang tahu, kalau tadinya infonya besok (Kamis) tapi nggak tau lah saya pasrah aja minimal sekarang sudah masuk rumah sakit,” ujar Asiah.

Seperti diberitakan, Dania tak sengaja menelan uang koin pecahan Rp 1.000 saat duduk di kelas 4 Sekolah Dasar (SD). Saat itu Dania tidak menceritakan kepada kedua orang tuanya karena takut dimarahi.

Seiring waktu, Dania terus mengeluhkan rasa sakit di bagian perutnya. Marlis dan Nurlaela atau Elah kedua orang tua Dania akhirnya memeriksakan putri keduanya itu ke rumah sakit, hasil Sinar X atau Rontgen akhirnya menunjukkan adanya koin yang tertempel di ususnya dengan kondisi sudah membahayakan. (dtk/bd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here