Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaRibuan Orang Teken Petisi Minta Obama Maju dalam Pilpres Perancis

Ribuan Orang Teken Petisi Minta Obama Maju dalam Pilpres Perancis

BOGORDAILY – Sejumlah warga Perancis meminta Barack mencalonkan diri dalam pemilihan presiden negeri itu yang akan digelar tak lama lagi.

Sebuah situs web dan sebuah poster kampanye diluncurkan pada awal pekan ini dengan judul “Obama2017”, isinya mendorong rakyat Perancis untuk mengambil sebuah keputusan radikal.

Keputusan radikal yang dimaksud adalah menandatangani petisi untuk meminta presiden ke-44 AS itu mencalonkan diri sebagai calon presiden ke-25 Perancis.

Ternyata ajakan ini mendapat sambutan cukup hangat dan sejauh ini sudah 30.000 orang menandatangani petisi itu.

Foto dan poster yang memajang wajah juga bermunculan di sejumlah sudut kota Paris dan disebar di media sosial.

Pencetus kampanye ini adalah empat warga Paris berusia 30-an yang memutuskan tidak memunculkan identitas mereka.

Keempat orang itu mengatakan, ide ini muncul dari ketidaknyamanan warga terhadap para kandidat presiden.

Selain itu mereka ingin membuat warga Perancis tersenyum di tengah berbagai skandal yang mewarnai pemilihan presiden yang semakin dekat ini.

“Ide ini muncul dari sebuah percakapan dengan beberapa kawan. Kami memutuskan untuk tak memilih dalam pilpres dan itu sudah kami lakukan dalam beberapa pemilu,” ujar salah seorang pencetus ide yang menyebut dirinya Barack.

“Kami sudah muak memilih orang yang tak kami inginkan. Jadi kami pikir tak ada salahnya memberikan kesempatan kepada karena saat itu dia menganggur,” tambah “Barack”.

Barack menegaskan apa yang dilakukannya ini tak lebih dari sekadar gurauan untuk memberikan warna menjelang pemilihan presiden.

“Ini murni gurauan. Kami ingin warga Perancis bangun di pagi hari lalu tersenyum melihat wajah di 500 poster yang kami sebar di berbagai tempat di Paris,” tambah dia.

“Reaksi warga sungguh menyenangkan. Ini adalah yang mereka inginkan. Hal paling lucu adalah awalnya mereka berpikir ini gila tetapi akhirnya berkata mengapa tidak?” lanjutnya.

Barack mengatakan, kelompok di balik kampanya “Barack2017” tidak mewakili pandangan politik apapun, tetapi jelas mereka tak akan memilih Marie Le Pen, politisi ultra kanan Perancis.

Situs “Obama2017” juga menampilkan sejumlah kegagalan yang tak bisa dihindari dalam pemilihan presiden April mendatang dan meminta warga mendukung petisi untuk membawa Perancis keluar dari kelesuan.

“Barack sudah selesai menjabat pada 21 Januari lalu, sekarang mengapa tak memintanya menjadi presiden Perancis?” ujar Barack.

KOMPAS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here