Tuesday, 28 May 2024
HomeBeritaBegini Tips Berburu Tiket Mudik Lebaran

Begini Tips Berburu Tiket Mudik Lebaran

BOGOR DAILY–  Sejak tiket api khusus mudik dibuka pekan lalu, penjualan untuk keberang­katan dari wilayah DAOP 1 Jakarta pada H-3 sebelum lebaran atau pada 22 Juni 2017 telah ludes terjual.

Penjualan tiket api ini bisa diakses ma­syarakat melalui tiga cara. Pertama, lewat website atau aplikasi KAI. Kedua, melalui minimarket yang sudah bekerja sama dengan KAI. Dan ketiga, melalui contact centre 121.

Rencananya, KAI akan kembali membuka penjualan api tambahan untuk mudik Lebaran 2017.

“Semua orang, baik dalam negeri maupun luar negeri, punya kesempatan yang sama dalam men­gakses pemesanan tiket api, jadi siapa cepat dia dapat,” jelas Senior Manajer Humas DAOP 1 Jakarta Suprapto, Jumat (24/3).

Ia pun membeberkan, beberapa tips bagi para calon pengguna api saat berburu tiket Lebaran. Pertama, koneksi internet harus dipastikan stabil dan memiliki kecepatan tinggi. Dengan begitu, kemungkinan mengakses situs KAI akan lebih cepat.

Tips lain, mengingat penjualan tiket api di­buka pada pukul 00.00 WIB, para calon penumpang dianjurkan standby sebelum pembukaan penjualan tiket.

Kedua, jika pada saat itu tidak mendapatkan tiket , Suprapto mengan­jurkan mengulang cara yang sama sekitar tiga jam setelah pembukaan pen­jualan.

“Karena setelah dibuking, tiket itu harus segera dibayar tiga jam setelahnya. Biasanya ada beberapa tiket yang tidak dibayar, lalu open lagi di internet, jadi bisa dibuking lagi,” dia menambahkan.

Ketiga, jika para calon penumpang tetap tidak mendapatkan tiket, alter­natif selanjutnya dengan melakukan perjalanan tidak dengan menggunakan satu api.

“Jadi misal cari tiket Jakarta-Semarang sudah habis, coba nyari tiket Jakarta-Tegal, lalu menyambung dengan lain dari Sta­siun Tegal ke Semarang. Karena ada banyak juga KA yang berangkat dari Tegal tujuan ke Semarang,” terang Suprapto.

Ia juga memberikan contoh lain, apabila ingin melakukan perjalanan mudik menggu­nakan kereta api dari Jakarta ke Yogyakarta, maka bisa membeli tiket Jakarta-Band­ung, dilanjut dengan kereta Bandung-Yogyakarta.

Baca juga tips lainnya:

  1. Perlu koneksi internet yang bagus dan punya jaringan kuat
  2. Akseslah pada detik pertama diberlakukan
  3. Rajin mengecek situ resmi KAI. Terutama untuk penumpang yang membatalkan keberangkatan,
  4. Pesanlah tiket dengan rute St Gambir daripada ST Pasar Senen
  5. Carilah alternatif tiket kereta terusan. Misal, untuk ke Semarang pesan tiket dari St.Pasar Sene-St Tegal. Lalu teruskan dari St. Tegal ke St. Semarang
  6. Beli tiket melalui E-Kios di Stasiun.