Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorDLH Getol Gembleng Kader PKK Pilah Pilih Sampah

DLH Getol Gembleng Kader PKK Pilah Pilih Sampah

BOGOR DAILY–  Dinas Lingkungan Hidup () Kabupaten Bogor memberikan pelatihan khusus, cara mengelola sampah kepada sejumlah kader PKK Bojonggede.

Ini ditujukan untuk meraih target piala adipura seklaigus mendorong pencanangan Bupati Bogor Nurhayanti atas visinya membuat wilayah Bogor bebas sampah 2020 mendatang.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Atis Tardiana mengatakan, seluruh kader PKK diberikan pemahaman tentang manajemen pengelolaan bank sampah.

“Mulai dari  cara pemilahan sampah, proses pendaur ulangan sampah basah dan kering sekaligus dikenalkan Konsep Pusat Olah Sampah (POS) Pilah Angkut Nabung Daur Ulang Agar Indah (PANDAI),”beber Atis di sela acara yang berlangsung di rumah kepala desa, Kamis (30/3), kemarin.

Tak hanya itu, melalui kegiatan ini pihaknya juga ingin agar masyarakat dapat menambah wawasannya tentang bagaimana proses pengelolaan sampah yang benar. Sehingga, persoalan sampah rumah tangga bisa teratasi.

“Kami ingin mengampanyekan gerakan pemilahan sampah. Harapannya, agar persepsi masyarakat masyarakat bisa berubah bahwa sampah itu tanggungjawab bersama antara masyarakat, pemerintah dan swasta,”terangnya.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Desa Bojonggede, H.M. Zamhuri. Melalui kegiatan sosialisasi Bank Sampah yang digelar oleh diharapkan akan tumbuh kesadaran masyarakat di wilayahnya untuk menabung sampah, sebagai upaya menyikapi permasalahan sampah.

“Kami juga ingin menekankan bahwa sampah itu sumber daya. Sampah bukan lagi sebagai barang sisa yang harus dibuang sebanyak-banyak nya ke TPA, tetapi harus dipilah agar menjadi sumber daya sesuai dengan jenisnya,” tandasnya (doy/bd)