Monday, 22 April 2024
HomeKabupaten BogorKantongi 150 Ribu Dukungan, Kades Ini Niat Jadi Bupati Bogor

Kantongi 150 Ribu Dukungan, Kades Ini Niat Jadi Bupati Bogor

BOGOR DAILY- Pemilihan Bupati (Pilbup) Bogor 2018 diprediksi bakal diramaikan oleh calon independen. Senin (27/3), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor kembali didatangi calon perseorangan yang berencana maju di Pilbup Bogor. Santoso, saat ini menjabat Kepala Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, mengaku hingga saat ini dirinya telah memiliki 150.000 fotocopy sebagai bentuk dukungan masyarakat.

Santoso menjelaskan, ia merasa mengenal wilayah dan masalah di Kabupaten Bogor. Atas dasar itu, lelaki kelahiran Jakarta 1962 ini termotivasi ikut bertarung dipesta demokrasi lima tahunan yang akan datang.

“Pada prinsipnya alasan itu yang memunculkan keinginan untuk maju. Saat ini sudah sekitar 150.000 dukungan sudah terkumpul. Jadi tinggal kurang dari setengahnya lagi untuk memenuhi syarat minimal dukungan untuk calon perseorangan,” kata Santoso.

Sebagai bentuk kesiapan, Santoso juga telah memiliki relawan yang disebut Sahabat Santoso di 40 kecamatan di Kabupaten Bogor. Bahkan, dirinya telah mencetak berbagai atribut seperti banner, kalender, stiker dan lainnya untuk memudahkan sosialisasi kepada masyarakat.

“Saya niat dan berusaha semaksimal mungkin untuk Pilbup 2018 nanti dan ikut memberi kontribusi untuk Kabupaten Bogor. Dalam waktu dekat kami juga akan menggelar agenda yang akan dihadiri ribuan massa,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bogor Haryanto Surbakti mengatakan, hingga saat ini sudah sekitar 10 orang termasuk Santoso yang mengambil formulir dukungan untuk calon perseorangan. Sesuai atruan, calon perseorangan harus memiliki minimal dukungan 6,5 persen dari jumlah pemilih jika ingin lolos sebagai bakal calon.

“Minimal dukungan suara untuk calon perseorangan di Kabupaten Bogor adalah 215.731. dukungan harus tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan yang ada. Nantinya KPU akan melakukan verifikasi dukungan ini dan yang lolos bisa ikut mendaftar saat pembukaan pendaftaran bersama bakal calon dari partai,” tandas Haryanto. (bd)