Thursday, 25 July 2024
HomeKota BogorPengumuman! 68 Lurah di Bogor Mau Dikasih 'Hadiah' Mobil Baru

Pengumuman! 68 Lurah di Bogor Mau Dikasih ‘Hadiah’ Mobil Baru

BOGOR DAILY–   Kabar bahagia bagi lurah-lurah di Kota Bogor. Rupanya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah menyediakan anggaran khusus untuk memberikan ‘hadiah bagi lurah se-Kota Bogor. Sesuai dokumen rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2018, tahun depan, 68 lurah bakal mendapat jatah baru.

Untuk pengadaan tersebut, pemkot mengusulkan anggaran sebesar Rp11 miliar.

Hal itu diakui Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman. Usmar mengatakan, anggaran sebesar itu untuk pengadaan mobil dengan CC 1000-1500.

“Memang sudah saatnya para lurah mendapatkan fasilitas kendaraan roda empat dengan kinerja dan daya jelajahnya untuk pengawasan di tingkat wilayah,” ujar Usmar.

Terlebih, sambung dia, dengan kondisi Kota Bogor dengan curah hujan yang tinggi, diperlukan adanya fasilitas kendaraan roda empat untuk operasional harian. Apalagi, banyak persoalan kemasyarakatan yang harus diselesaikan seorang lurah.

“Tidak kurang dari 20 permasalahan kemasyarakatan, baik yang lintas organisasi perangkat daerah (OPD) maupun yang langsung, terhubung dengan masyarakat setiap harinya,” ungkap mantan anggota DPRD dua periode tersebut.

Namun, yang perlu diingatkan adalah tidak ada satu pun tugas fungsi OPD atau dinas yang tidak terkait dengan wilayah.

Sedangkan, di satu sisi, para lurah tereksploitasi untuk hanya menerima semua program kedinasan  Selain itu, para lurah juga menjadi perangkat pertama apabila program kedinasan gagal atau kurang berhasil.

“Para lurah sering menjadi tempat “hujatan” atau tumpuan keluh kesah masyarakat. Dari sisi ini, sungguh wajar bila mereka difasilitasi kemudahan transportasi yang mampu melindungi dirinya dari panas dan hujan,” ucapnya.

Diharapkan, dengan fasilitas tersebut, masyarakat dapat terlayani lebih cepat dalam situasi dan kondisi apa pun.

“Dan sudah saatnya memang kita pikirkan fasilitas 68 kendaraan operasional kelurahan yang multifungsi untuk menunjang kinerja kelurahan secara menyeluruh,” tandasnya.(pjk/bd)