Tuesday, 23 April 2024
HomeNasionalYuk Intip Jalur Busway Layang Terpanjang, Ciledug-Tendean

Yuk Intip Jalur Busway Layang Terpanjang, Ciledug-Tendean

 BOGOR DAILY-  Proyek jalan melayang (elevated) untuk TransJakarta rute Ciledug-Blok M-Tendean sudah selesai dikerjakan secara struktural. Proyek yang dibuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini merupakan jalur busway layang terpanjang di Jakarta.

Kepala Seksi Pembangunan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Imam Adi Nugraha, mengatakan jalan layang tersebut telah diuji coba dengan menggunakan bus TransJakarta.

“Untuk pembangunan jalan layang ini secara struktural itu sudah selesai semua. Dari ujung Tendean ke ujung Ciledug sudah teraspal dan termarka semua. Kemarin tanggal 14 Maret 2017 sudah mulai uji coba,” ungkap Imam

Imam menambahkan, pada saat menjajal jalur melayang sepanjang 9,3 kilometer (km) itu, bus TransJakarta juga melakukan pemberhentian di 12 halte yang ada, dan menghitung waktu tempuhnya. Untuk diketahui, proyek ini menghabiskan dana Rp 2,5 triliun.

“Bus TransJakarta sudah naik ke atas melakukan uji coba dan simulasi-simulasi. Berhenti di setiap halte, dan menghitung waktunya,” kata Imam.

Imam mengatakan, uji coba dan simulasi yang dilakukan oleh bus TransJakarta itu merupakan simulasi awal. Pihak TransJakarta masih membutuhkan waktu hingga dua sampai tiga bulan lagi untuk menyelesaikan melakukan uji coba.

“Ini masih simulasi awal, karena TransJakarta masih membutuhkan waktu 2 sampai 3 bulan untuk commisioning test. Itu seperti pelatihan sopir, terus juga melengkapi sistem-sistem di halte. Jadi terus-menerus diuji,” kata Imam.

Pembangunan jalan tersebut dikerjakan oleh 8 kontraktor berbeda di 8 titik berbeda.

Adapun delapan paket tersebut adalah paket Tendean (1.000 meter) dikerjakan PT Adhi Karya Tbk, paket Santa (1.250 meter) oleh PT Yasa Patrisia Perkasa, paket Trunojoyo (1.375 meter) dikerjakan PT Jaya Kontruksi, paket Taman Puring (1.200 meter) dikerjakan PT Hutama Karya, paket Kemayoran Lama (1.300 meter) dikerjakan PT Pembangunan Perumahan Tbk, Paket Kostrad (1.400 meter) dikerjakan PT Istaka Karya CO bersama dengan PT Agra Budi, Paket Ciledug (1.500 meter) dikerjakan PT Waskita Karya Tbk, dan Paket Seskoal (1.400 meter) dikerjakan PT Wijaya Karya Tbk.