Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorAnak-anak Jalanan di Leuwiliang Ditangkap

Anak-anak Jalanan di Leuwiliang Ditangkap

BOGOR DAILY– Sebelas Penyandang Ma­salah Kesejahteraan Sosial (PMKS), di anta­ranya tiga anak jalanan (), empat peng­amen dan empat pengemis, berhasil diciduk Dinas Sosial Kabupaten Bogor dan Muspika saat operasi di sepanjang Jalan Raya , kemarin.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial, Tuna So­sial dan Perdagangan Orang, Buchori Mus­lim menuturkan, dinas sosial telah memben­tuk satuan petugas (satgas) penjangkauan untuk membantu menertibkan PMKS.

Dalam operasi tersebut, sebelas PMKS yang biasa nongkrong di sepanjang Jalan Raya dibawa ke kantor kecamatan guna didata. “Operasi hari ini mendapatkan sebelas PMKS,” katanya.

Mereka yang diamankan petugas, sam­bungnya, akan dikembalikan kepada orang tuanya. Meskipun mereka benar-benar te­lantar dan tidak memiliki keluarga, akan dibawa ke Balai Kesejahteraan Sosial (BKS) di Citeureup.

“Di BKS, mereka akan dididik dan tinggal di sana. Upaya dinas sosial sendiri adalah menyediakan pelatihan keterampilan selain pembinaan bimbingan,” terangnya.

Sementara itu, Camat Chairuka Yudianto mengatakan, lokasi yang biasa dijadikan PMKS berkumpul adalah Jalan Protokoler , Pasar dan Terminal . Rata-rata mereka yang tertangkap masih ABG.

Ia berharap dari operasi tersebut, PMKS di wilayahnya bisa berkurang bahkan tidak ada lagi. “Nantinya kegiatan ini akan rutin kita laksanakan, minimal satu bulan dua kali,” pungkasnya. (bd)