Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaGol Injuri Time Messi Bawa Barcelona Unggul 3-2 Atas Real Madrid

Gol Injuri Time Messi Bawa Barcelona Unggul 3-2 Atas Real Madrid

BOGORDAILY – Barcelona berhasil memenangkan laga melawan Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu Senin dini hari, 24 April 2017. Barcelona menang dramatis 2-3 berkat gol Lionel Messi pada menit akhir pertandingan.

Bermain di kandang lawan, Barcelona berhasil mendominasi penguasaan bola sejak menit awal pertandingan. Namun pertahanan ketat Madrid membuat trio penyerang Lionel Messi, Luis Suarez dan Paco Alcacer kesulitan membuat peluang emas.

Real Madrid bahkan lebih dulu mendapatkan peluang emas. Penyerang Cristiano Ronaldo berhasil melakukan penetrasi ke jantung pertahanan Barcelona pada menit ke-20. Namun tembakan Ronaldo dari pinggir kotak pinalti masih bisa diselamatkan penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen.

Delapan menit berselang, Madrid bahkan sempat unggul. Lini belakang Barcelona tak menyapu bersih sepak pojok yang diambil oleh Toni Kroos dari sisi kiri gawang mereka. Alhasil bola jatuh ke kaki Marcelo yang berada di sisi kanan pertahanan Barcelona. Pemain asal Brasil itu pun melepaskan umpan silang ke tiang jauh dimana Sergio Ramos berdiri bebas. Naas bagi Ramos, sontekannya hanya membetur tiang. Namun bola pantulan dimanfaatkan dengan baik oleh Casemiro.

Gol ini sempat mendapat protes dari pemain Barcelona karena Ramos terlihat berdiri dalam posisi offside saat menerima umpan Marcelo. Namun wasit Hernandez Hernandez yang memimpin laga tak menggubris protes punggawa La Blaugrana.

Namun keunggulan Madrid hanya bertahan 5 menit saja. Barcelona berhasil menyamakan kedudukan lewat Lionel Messi. Gol Messi berawal dari umpan sodoran Sergio Busquet kepada Ivan Rakitic di sisi kiri kotak pinalti Madrid. Dengan satu sentuhan, Rakitic mengirim bola ke tengah dimana Lionel Messi menyambutnya dan melakukan penetrasi ke kotak pinalti Madrid. Setelah melewati Dani Carvajal, Messi pun menaklukan Keylor Navas di bawah gawang Madrid. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Barcelona kembali mendominasi penguasaan bola dan membuat Madrid lebih banyak bermain di area pertahanannya. Namun Madrid juga sempat berkali-kali mengancam pertahanan Barcelona melalui serangan balik cepat mereka. Namun sejumlah peluang yang kedua tim miliki kerap kandas di tangan Navas dan Ter Stegen yang tampil apik pada laga itu.

Barcelona baru berhasil unggul pada menit ke-73. Gelandang Ivan Rakitic berhasil melepaskan tendangan kaki kiri keras dari luar kotak pinalti setelah mengecoh Toni Kroos. Bola sepakan Rakitic melesak ke sisi kanan gawang Navas yang tak mampu menjangkaunya.

Petaka bagi Madrid hadir pada menit ke-77. Bek sekaligus kapten Madrid, Sergio Ramos, diganjar kartu merah setelah menghentikan Messi dengan jegalan dua kaki.

Barcelona sebenarnya memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-80. Kerjasama satu dua antara Andre Gomes dengan Luis Suarez berakhir dengan umpan silang mendatar ke tengah kotak pinalti. Naas bagi Barcelona, Gerard Pique yang berhasil mendapatkan umpan Gomes tak mampu menyelesaikan duel satu lawan satu dengan Navas. Tembakannya masih dapat diblok penjaga gawang asal Kolombia itu.

Berita Lainnya: Sejarah Real Madrid vs Barcelona, Pemenangnya adalah..

Kalah jumlah pemain, pelatih Zinadine Zidane menarik keluar Karim Benzema dan memasukan James Rodriguez. Strategi Zidane cukup berhasil membuat Madrid tampil lebih stabil. Bahkan Rodriguez sempat membuat Madrid menyamakan kedudukan pada menit ke-85. Dia berhasil menyambut umpan silang Marcelona dari sisi kanan pertahanan Barcelona dengan sontekan di depan gawang Ter Stegen.

Kemenangan Barcelona baru tercipta ketika masa tambahan waktu. Sergio Roberto berhasil membangun serangan balik cepat dengan aksi solonya. Sempat melewati 2 pemain Madrid, Roberto melepas umpan kepada Andre Gomes di sisi kiri pertahanan Madrid yang langsung menyodorkan bola kepada Jordi Alba yang membantu serangan.

Dengan kecerdikannya Alba mengirim bola ke tengah kotak pinalti dimana Lionel Messi menyambutnya dengan tembakan kaki kiri. Bola yang mengarah tepat ke sudut kanan bawah gawang tak bisa ditepis oleh Navas meskipun telah berupaya terbang.

Dengan kemenangan itu Barcelona berhasil merebut puncak klasemen Liga Spanyol dari tangan Madrid. Kedua tim mengumpulkan angka sama, 75, namun Barcelona unggul dalam hal produktivitas gol. Madrid masih memiliki peluang besar mengkudeta Barcelona karena mereka baru bermain 32 kali sementara Barcelona sudah bermain 33 kali. (Tempo)