Wednesday, 24 April 2024
HomeKabupaten BogorKampung Cigelap di Ciseeng Bogor Luluhlantah

Kampung Cigelap di Ciseeng Bogor Luluhlantah

BOGOR DAILY- Cuaca cerah mendadak mendung.Hujan deras dan angin kencang yang mengguyur wilayah Bogor membuat ratusan rumah di wilayah , Kabupaten Bogor rusak diterjang , kemarin.

Tiga RW di Kampung Cigelap, Desa Cibeteungudik, Kecamatan habis dihantam putting beliung yang seketika membuat rumah warga tinggal puing. Bahkan genteng genteng rumah di RW 4, RW 5, dan RW 6 pun beterbangan dihempas angin.

Kepala Desa Cibeuteng Udik, Bambang Indra Gunawan mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB saat hujan deras disertai angin menerjang wilayahnya.

“Jadi tadi itu anginnya muter kenceng banget, sampai rumah warga hancur karena ,” terangnya

Berdasarkan data sementara, ada sekitar 105 rumah warga yang diterjang. “Saat ini kami masih mendata, yang mengalami rusak berat sekitar 20 rumah,” kata dia.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi di desanya. “Alhamdulillah korban semua selamat, lima warga saja tadi luka ringan dan sudah kembali pulang,” ungkapnya.

Menurutnya, sebagian warga yang rumahnya rusak berat terpaksa di ungsikan kerumah sanak saudaranya yang lebih aman.

“Data sementara ada 80 kepala keluarga yang rumahnya rusak kena . Jadi rata dengan tanah,” terangnya

Staff Kesra Kecamatan Hambali menambahkan, untuk sementara warga korban putting beliung diungsikan ke kerabat terdekat dan kantor desa. Adapun, dalam kejadian tersebut terdapat lima korban luka ringan di antaranya Minan (40), Ria (7), Mono (49), Mimin (35), Ripal (17).

Untuk sementara korban terdampak atas musibah ini dievakuasi ke rumah kerabat terdekat, dan kami menyiapkan pula kantor desa, ataupun kantor kecamatan untuk tempat pengungsian sementara,” paparya lagi.


Korban luka memar tersebut, sambungnya, langsung diberikan perawatan oleh petugas Puskesmas . Di lain hal, lanjut Hambali, peristiwa tersebut mengakibatkan pula terputusnya saluran arus listrik diwilayah tersebut.

Tak lama berselang, kabel listrik putus dari tihangnya, dan melintang di ruas jalan, yang mengakibatkan putusnya saluran listrik. Bahkan hingga malam hari, penerangan lampu di empat wilayah kampung ini gelap gulita. Dan, tak sedikit pula pohon bertumbangan di wilayah tersebut atas musibah ini” paparnya.(bd)