Friday, 29 March 2024
HomeBeritaBegini Ketatnya Pengamanan Vonis Ahok

Begini Ketatnya Pengamanan Vonis Ahok

BOGOR DAILY– Polisi mulai membentuk barisan di belakang kawat berduri di Jalan RM Harsono dekat Kementerian Pertanian (Kementan). Barisan itu disiapkan begitu massa kontra Basuki Tjahaja Purnama () mulai berdatangan.

di Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, beberapa personel kepolisian dari Sabhara tanpa persenjataan mulai membentuk barisan tepat di belakang kawat berduri, Selasa (9/5/2017). Terlihat juga 3 personel dilengkapi dengan pelontar gas air mata.

Di belakang barisan tersebut tersusun rapi alat seperti tameng, tongkat dan helm. Selain itu, terlihat pula mobil automatic barrier security dan sebuah mobil water canon yang sudah bersiaga.


Sementara itu dari depan kawat berduri mulai terlihat massa kontra mulai berdatangan mendekat. Mereka terlihat membawa beberapa bendera dan berbagai spanduk.

Massa tersebut hanya duduk-duduk dan mondar-mandir di depan kawat berduri. Sebanyak 2 mobil komando dari massa kontra sudah mulai mengecek pengeras suara.

Tak hanya menyiapkan akwat berduri, polisi juga telah menyiapkanhelikopter di  lapangan Gedung Kementerian Pertanian. Heli tersebut disiapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

“Untuk escape (melarikan diri). Kita menggunakan dua pola atau cara untuk melakukan tindakan escape, satu menggunakan kendaraan, satu menggunakan heli,” kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Iwan Kurniawan di depan Gedung Kementan, Jl RM Harsono, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017).

Helikopter tersebut diparkir di lapangan upacara Kementan. Heli diketahui tiba sekitar pukul 06.00 WIB.

Tak ayal, heli tersebut menjadi objek foto sejumlah orang. Termasuk beberapa pegawai Kementan.

Kendaraan yang disiapkan untuk mengantisipasi massa antara lain watercanon dan barracuda. Di luar Gedung Kementan pun telah penuh oleh massa, baik yang pro maupun kontra .