Sunday, 5 May 2024
HomeKabupaten Bogor14 Tahun Dikubur Jasad Marbot di Dramaga Masih Komplit

14 Tahun Dikubur Jasad Marbot di Dramaga Masih Komplit

BOGOR DAILY– Menghabiskan masa tua sebagai seorang pengurus musala, menjadi pilihan Almarhum Rojak (75). Itulah yang diingat warga Kampung Manggis, Desa Dramaga, Kecamatan Dramaga, saat melihat jenazah Rojak masih terbungkus kain kafan yang utuh meskipun telah dikubur 14 tahun.

Rojak merupakan seorang pedagang bakso yang humoris dan baik terhadap orang lain se­belum menjadi pengurus atau marbot musala. Menurut Lurah Dramaga Yayat Supriyatna, almarhum merupakan pedagang bakso paling terkenal di daerah Dramaga. “Dulu kan tukang bakso jarang, nah Pak Rojak itu yang paling terkenal di daerah sini,” ujarnya.

Bahkan saat Rojak belum siap berkeliling ber­jualan bakso, banyak warga yang mendatangi rumahnya untuk membeli bakso buatan Rojak.

Meskipun memiliki keuangan pas-pasan dan tidak sungkan membantu orang lain dan sering berbagi. “Kalau sama anak juga bapak nggak pilih kasih,” ujar anak bungsu Rojak, Rika , Rojak tidak pernah mengeluh

Rika menceritakan, ketika sang ayah pensiun menjadi penjual bakso, almarhum justru ingin menjadi seorang pengurus musala. “Bapak bilang pengin jadi marbot secara sukarela,” ujarnya.

Selama lima tahun, Rojak menghabiskan masa tuanya menjadi seorang marbot yang tidak digaji. Ia rela bekerja mera­pikan dan mengurus keper­luan musala secara cuma cuma. Bahkan saat ada yang mem­berinya uang, uang tersebut dibagikannya kepada cucu-cucunya. “Kalau dapat uang, nggak pernah dipakai sama bapak, selalu dibagikan ke cucu,” kata Rika.

Rika mengatakan, tanah yang dijadikan makam umum terse­but merupakan milik Rojak dari ayahnya. Saat itu Rojak meminta tanah tersebut di­wakafkan sebagai pemakaman umum. Saat makam Rojak digali kembali beberapa hari lalu, Rika dan keluarga kaget sekaligus terharu dan tidak menyangka jenazah sang ayah masih di­lapisi kain kafan yang utuh.

“Nggak nyangka. Malu juga sama diri sendiri, merasa be­lum bisa seperti bapak yang ibadahnya luar biasa,” katanya.