Sunday, 28 April 2024
HomeKota BogorBendera Sepanjang 1000 Meter Selimuti Pagar Istana Bogor

Bendera Sepanjang 1000 Meter Selimuti Pagar Istana Bogor

BOGOR DAILY– Ada yang menarik ketika melintas seputar komplek Kebun Raya Bogor dan Istana Kepresidenan Bogor. Menyambut Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, pagar pembatas sepanjang istana dan KRB dipasangi umbul-umbul merah-putih.

Warna merah putih nampak kontras dengan suasana hijau di sepanjang jalan melingar Jalan Padjajaran, Jalak Harupat, Otto Iskadarniata, dan Jalan Ir H Djuanda. Kain merah putih dibentang dengan bentuk menyimpul, setengah lingkaran dan terlihat menutupi sebagian pagar istana.

Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Protokoler Istana Kepresidenan Bogor, Endang Sumitra menuturkan, setidaknya panjang kain merah-putih yang dipergunakan untuk menyelimuti pagar sekeliling bila dibentangkan sepanjang 1.000 meter.

“Ini merupakan tradisi setiap menyambut hari kemerdekaan. Kain yang digunakan sepanjang 1.000 meter mengelilingi pagar istana,” katanya.

Pemasangan umbul-umbul dilakukan selama satu bulan penuh di setiap bulan Agustus dan tidak hanya di , kata Endang, seluruh istana kenegaraan yang berjumlah lima di Indonesia dipastikan memasang umbul-umbul merah putih.

Selain menghiasi pagar istana dengan umbul-umbul sepanjang seribu meter, juga mengecat ulang tembok pagar sehingga menjadi lebih rapi dan bersih.

Salah satu pejalan kaki di pedestrian Kota Bogor Indah (25) mengatakan, menikmati suasana istana pada saat menyambut hari kemerdekaan.

“Pada tahun lalu, selain ada umbul-umbul, bagian dalam istana juga terdapat payung warna-warni tergantung di pohon-pohon dalam istana. Tampilan istana jadi lebih menarik,” kata dia.

Ia pun berharap, masyarakat pejalan kaki yang melintas di sepanjang tidak jahil untuk merusak atau mencurat-coret hiasan atau umbul-umbul yang sudah terpasang.

“Asal tangannya jangan jahil. Kan sudah bagus, apalagi menyambut hari kemerdekaan, meriah,” tutup Indah.