Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalAkhir Tahun, Jokowi Bangun Bandara di Sukabumi

Akhir Tahun, Jokowi Bangun Bandara di Sukabumi

BOGOR DAILY-Presiden Joko Widodo berencana membangun bandar udara (bandara) di , Jawa Barat. Pembangunan bandara tersebut direncanakan akan dilakukan pada akhir 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan pembangunan bandara tersebut akan menghabiskan dana sebanyak Rp 250 miliar. Bandara tersebut, nantinya akan menggunakan runway sepanjang 1.600 meter.

“Kemarin Dirjen bilang dengan panjang runway 1.600 meter kira-kira Rp 250 miliar. Kita kerjakan akhir 2018,” ujar Menhub Budi saat ditemui di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (4/9).

Menhub Budi menambahkan, alokasi dana sebesar Rp 250 miliar tersebut nantinya sudah termasuk dengan pembangunan terminal. Pesawat yang diperbolehkan menggunakan bandara tersebut nantinya hanya pesawat penumpang regional jarak pendek jenis ATR.

“Ya (Sudah termasuk terminal), kan dengan lapangan perintis. ATR dulu pertama kali,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan Bandara dimulai pada 2019 mendatang. Meski begitu, pihaknya belum menentukan lokasi pembangunan bandara tersebut.

“Kita sudah sepakat (dengan Pemkot dan Pemkab ) akan merencanakan pembangunan bandara di . Namun tempatnya akan kita kaji lagi. Semula tempatnya jauh dari kota ,” kata Budi melalui keterangan resminya, Kamis (31/8).

Dia menambahkan bahwa Kementerian Perhubungan memiliki pilihan untuk menentukan lokasi bandara lebih dekat ke kota.

“Bagaimana pun itu penduduk Kabupaten dan Kota ini kurang lebih hampir 3 juta orang. Salah satu kelayakan pembangunan bandara itu adalah dekat dengan masyarakat. Hal lain yang dipertimbangkan adalah kecepatan angin dan kondisi lingkungan sekitarnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, Kementerian Perhubungan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat supaya pembebasan tanahnya diselesaikan.

“Pemerintah Pusat akan menyediakan dana-dana kontribusi. Target paling tidak tahun 2018 akan menyelesaikan pembebasan tanah dan diharapkan tahun 2019 akan mulai dibangun dan paling lambat awal tahun 2020 bisa beroperasi,” jelas Budi.

Budi berharap pembangunan bandara dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten dan Kota Sukabumi serta masyarakat sekitarnya.