Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorHari Ini Digusur, Besok PKL Puncak Langsung Ditampung PHRI

Hari Ini Digusur, Besok PKL Puncak Langsung Ditampung PHRI

BOGOR DAILY- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memastikan Pedagang Kaki Lima (PKL) akan direlokasi ke lahan sementara setelah pembongkaran dilakukan. Ini menyusul kabar belum adanya kepastian lahan relokasi sementara yang dapat digunakan pedagang yang terkena dampak pembongkaran pada tahap pertama.

Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan, PKL yang terkena dampak pembongkaran pada tahap pertama akan direlokasi satu hari setelah pembongkaran. Di antaranya ke Taman Wisata Matahari (TWM), The Ranch dan hotel yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). “Setelah pembongkaran, mereka akan masuk ke TWM dan hotel,” kata Nurhayanti.

Nurhayanti menjelaskan, pelebaran jalan dilakukan karena pedagang memanfaatkan daerah milik jalan (damija). Namun sesuai Keputusan Presiden (Kepres) maka ia menjamin akan menata keberadaan pedagang. “PKL tidak digusur melainkan digeser. Oleh karenanya sudah ada langkah konkret yang dilakukan seperti memasukkan ke TWM, The Ranch dan hotel PHRI,” jelasnya.

 

Mantan Sekda Kabupaten Bogor ini menuturkan, sebenarnya pembongkaran ini baru tahap pertama dari Gadog hingga Cisarua. Namun ketika sudah masuk tahap kedua, para PKL nantinya akan direlokasi ke tanah milik PT Sari Bumi Pakuan dan PT PN Gunung Mas. “Sudah disiapkan lahan untuk relokasi secara besarnya di lahan yang mau jadi rest area,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, rencana relokasi ini pun terus dimatangkan satuannya, termasuk satgas di tingkat kecamatan. Sehingga tidak mungkin jika pemerintah melakukan pembongkaran tanpa memberi solusi. “Walaupun banyak komentar tidak manusiawi, kita tetap memedomani aturan, Insya Allah. Sudah dan dilakukan secara maraton tiap hari, termasuk hari ini kita terus membahasnya,” ujarnya.