Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorLahan Relokasi PKL Puncak Cuma untuk Warga Bogor

Lahan Relokasi PKL Puncak Cuma untuk Warga Bogor

BOGOR DAILY- Para pedagang kaki lima (PKL) mulai mulai berbenah. Pasca perobohan mereka sudah mulai menempati lahan di Taman Wisata Matahari (TWM), Selasa(5/8/17) malam. Namun tak sedikit dari mereka yang tidak mendapatkan lahan .

Di antaranya para pemilik rumah toko (ruko) bangunan. Mereka juga sempat melakukan aksi ke Cibinong untuk berunjuk rasa, Rabu (6/9/17).

Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Puncak Teguh Mulyana menyebut, PKL hampir seluruhnya sudah tertampung di TWM. Aada sekitar 150 kios yang disewa dengan harga RP750 ribu perbulan.

Nominal itu cukup terjangkau dari harga pasaran kios antara Rp1-2 juta perbulan. “Sebanyak 221 PKL telah menempati lokasi baru. 150 kios di lahan , dan sisanya ditampung di hotel.

Jadi yang demo itu bukan lapak PKL. Tapi pedagang di rumah dan warung. Mereka bukan lapak lagi tapi tempat tinggal,” katanya

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan dan  Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor Jona Sijabat. “Kami memang memilih pedagang asli Kabupaten Bogor dibandingkan pendatang,” tegasnya.

Terkait jumlah lahan , menyediakan beberapa lahan. Pertama, Taman Matahari 160 kios. Lokasi kedua yakni The Ranch dengan 200 kios. Pemerintah juga telah mengandeng Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor.